Bakti Kita untuk Jakarta, Ratusan ASN, PJLP dan Warga Jakarta Timur Gelar Aksi Kebersihan Lingkungan

Jakarta Timur, (19/11/2023) – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur menggelar kerja bakti massal bertema 'Bakti Kita untuk Jakarta' yang digelar secara serentak di DKI Jakarta, Minggu (19/11/2023). Kerja bakti sebagai upaya penanganan banjir dan genangan di Jakarta. 

Bakti Kita untuk Jakarta wilayah Jakarta Timur difokuskan pada pembersihan bantaran Kali Ciliwung, di Jalan Inspeksi Inlet Sodetan Ciliwung, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara. Kegiatan juga diikuti serentak 65 kelurahan dan 10 kecamatan di Jakarta Timur. 

Kerja bakti dipimpin langsung Pj (Penjabat) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono secara daring. Sementara Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, memimpin apel Bakti Kita untuk Jakarta untuk wilayah Jakarta Timur, yang diikuti para Aparatur Sipil Negara ASN dan 500 petugas gabungan.

Kegiatan mengerahkan excavator long arm dan amphibi besar serta 8 unit dumptruck milik Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Jakarta Timur. Sementara penyisiran kerja bakti diantaranya membersihkan inlet sodetan, Jalan Inspeksi Ciliwung RW 01, 13, 02 hingga Kali Mati di Jalan Baiduri Bulan, RT 012 RW 011 Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara.

"Hari ini kita lakukan kerja bakti massal, sesuai Instruksi Pak Sekda Nomor 98/2023 untuk kolaborasi ASN DKI Jakarta dengan warga membersihkan lingkungan sebagai antisipasi datangnya musim penghujan," kata Walikota. 

Lebih lanjut dikatakan Walikota, kegiatan ini juga bagian dari upaya pemerintah mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dimulai dari pengurasan saluran hingga pengangkutan sampah lingkungan.

“Tidak hanya bersih bersih lingkungan kita juga menyadarkan warga untuk menghijaukan lingkungan, salah satunya tadi sudah kita tanam 200 pohon cabai di RW 01 dan kita inginkan untuk terus menggelorakan urban farming yang hingga saat ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu untuk fokus dari masing-masing kecamatan di Wilayah Cakung, kerja bakti terfokuskan pada pengurasan sedimentasi saluran penghubung (Phb) Dahlia Kelurahan Cakung Timur, Saluran Penghubung (Phb) Kalijati, Kecamatan Cipayung. Di Ciracas, dilakukan pembersihan titik pertemuan pertemuan Kali Cipinang dengan Saluran Phb Sura, sementara di Kecamatan Duren Sawit terfokus pada pengurasan Saluran Penghubung (Phb) Pondok Kelapa, dan Kali Cipinang untuk wilayah Kecamatan Kramatjati. 

Di wilayah Kecamatan Makasar, fokus bersih-bersih pada pengurasan saluran penghubung (Phb) Cililitan Besar Kelurah Kebon Pala. Sementara Kecamatan Matraman, fokus pada pengurasan sampah dan sedimentasi saluran Phb (penghubung) Utan Kayu Pengayoman Pengayoman. Tak mau ketinggalan, Kecamatan Pasar Rebo, yang fokus pada pembersihan saluran Phb Gongseng, sedangkan Kecamatan Pulogadung, titik kerja bakti pada pembersihan saluran Phb Pemuda.

Siti Khadijah, warga RT 05/RW 01 Kelurahan Bidara Cina, mengaku senang adanya aksi kerja bakti massal di wilayahnya. Pasalnya, kegiatan ini membangkitkan semangat gotong royong warga untuk menjaga keasrian lingkungan.

"Bagus ya, wilayah kami dibersihkan bersama, saluran dan sampah terselesaikan. Semoga ini menjadikan kesadaran bagi seluruh warga untuk tetap hidup bersih," ucapnya. (AJ)