Bersama PT Antam, Pj Gubernur DKI Tanam 2.000 Pohon Produktif di Jakarta Timur

Jakarta Timur, (27/11/2023) - Menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia 2023, yang jatuh pada Selasa, 28 November 2023, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan penghijauan dan penataan kawasan dengan menanam pohon di Kawasan Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Senin (27/11/2023). 

Total ada 2.000 pohon produktif yang ditanam berkolaborasi bersama PT Antam Tbk dan dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Hadir mendampingi Pj Gubernur DKI, Walikota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Bayu Megantara dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati.

“Aksi Penanaman ini juga dilakukan untuk mendukung upaya penghijauan kawasan, serta tercapainya net zero emission pada tahun 2060 di Jakarta” kata Pj Gubernur DKI. 

Pj Gubernur DKI menilai, hadirnya penghijauan dan penataan kawasan sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Ia mencontohkan dengan penataan kawasan yang dilakukan di Taman Interaksi Duren Sawit. 

“Tadi juga kita lihat dampak positif keberadaan Taman Interaksi Duren Sawit, ada wajah baru yaitu sangkar kupu kupu yang bisa dinikmati oleh warga," ujarnya. 

Hal senada dikatakan Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar. Ia menegaskan, pihaknya akan terus mendukung upaya penghijauan kawasan. Karena itu, ia mengajak para stakeholder untuk berkolaborasi bersama untuk hijaukan Jakarta, khususnya di Kota Jakarta Timur.

“Alhamdulillah, tadi sudah dipimpin langsung oleh Pak Pj Gubernur dengan menanam pohon buah-buahan, di antaranya pohon jamblang, nangka, durian, dan sirsak. Nah, tadi juga kita dengar bersama akan ada reward dari Pak Pj bagi stakeholder terbanyak berkontribusi pohon untuk penghijauan,” jelasnya.

Walikota menambahkan, dari 2.000 pohon produktif yang diberikan PT Antam akan disebar ke-10 kecamatan di Jakarta Timur. Ini dilakukan agar penghijauan dapat merata ke seluruh lingkungan Kota Jakarta Timur.

Sementara itu, Lurah Duren Sawit, Santi Nur Rifiandini, mengaku senang adanya penambahan pohon bentuk kolaborasi yang kesekian kalinya dari PT Antam Tbk untuk wilayah Kelurahan Duren Sawit.

“Kita akan rawat sehingga nantinya dapat bermanfaat besar bagi lingkungan serta sebagai ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar,” ucapnya. (AJ)