Lokasi Penanaman Pohon Bersama Presiden RI di Kawasan JIEP Sudah Siap

Jakarta Timur, (28/11/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau kesiapan lokasi penanaman pohon serentak se-DKI Jakarta, di Jalan Rawa Sumur, Kawasan Industri PT. JIEP, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (28/11/2023). 

Lahan seluas 1,5 hektare itu jadi lokasi utama penanaman serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta, 5 kota dan 1 kabupaten. Pelaksanaan penanaman di Jakarta Timur, pada 29 November 2023, direncanakan dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Walikota menjelaskan, lokasi dipilih karena akan dikembalikan fungsinya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) karena Jakarta membutuhkannya untuk menjaga kualitas udara.

“Luasnya kurang lebih 1,5 hektare yang akan ditanami, kalau luas seluruhnya 2,5 hektare. Nanti selanjutnya, bertahap di sisi kiri dan sisi kanan, tentunya kawasan ini adalah kawasan hijau, di bawah sutet enggak bisa ada bangunan, kita kembalikan lagi fungsinya untuk jalur hijau,” jelasnya.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan persiapan sarana dan prasarana seperti lubang tanam hingga ratusan pohon yang akan ditanam bersama Presiden Jokowi. Pohon-pohon yang akan ditanam, di antaranya pohon pule, pohon bungur, pohon flamboyan, pohon sawo kecik, pohon mahoni, pohon trembesi, pohon ketapang kencana, pohon matoa, dan pohon nangka.

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, saat ini sudah ditanam 648 pohon dan akan ditambah 200 pohon saat penanaman bersama Presiden.


“Yang sudah ditanam 648 pohon, tinggal kita tambah 200 pohon untuk kegiatan besok,” tuturnya.


Dalam persiapan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, melibatkan ratusan pasukan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, pihak Kelurahan Jatinegara, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, hingga warga setempat. (AD)