Forum KSK Malaka Jaya Gelar Komitmen Kebangsaan Wujudkan Pemilu Damai 2024

Jakarta Timur, (2/12/2023) - Dalam rangka mewujudkan kerukunan antar lintas agama di lingkungan masyarakat, Forum Kelurahan Sadar Kerukunan (KSK) Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit menguatkan seluruh warganya untuk bersama mewujudkan kesatuan dan persatuan menghadapi Pemilu 2024 mendatang. 

Hadir dalam kegiatan itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komite Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur serta dihadiri oleh Ketua FKUB Kota Jakarta Timur, Ma'arif Fuadi. 

Kegiatan dialog dan silaturahmi lintas tokoh agama bertajuk komitmen kebangsaan yang diikuti seluruh Forum Komunikasi RT/RW dan para tokoh agama tersebut dibuka langsung  Lurah Malaka Jaya, Asiyanto, di Aula Lantai III Kantor Kelurahan Malaka Jaya, Sabtu (2/12/2023). Kegiatan juga dirangkai dengan pembacaan ikrar Pemilu Damai 2024 dari masing-masing pemangku lintas agama. 

"Saya apresiasi tinggi inisiatif dari KSK FKUB Kelurahan Malaka Jaya. Gelaran dialog ini merupakan bosting tambahan semangat kita kembali meneguhkan sikap kita, dukungan kita, komitmen kita untuk tetap guyup rukun sesuai nilai-nilai agama dan Pancasila," kata Asiyanto. 

Ditegaskan Asiyanto, momentum komitmen kebangsaan bagian upaya dalam merumuskan gagasan, menumbuhkan harapan, untuk mencegah terjadinya pertikaian antaranak bangsa. Lewat program Kelurahan Sadar Kerukunan, mereka berupaya menyemai bibit perdamaian kepada seluruh warga di Kelurahan Malaka Jaya. 

"Alhamdulillah, tadi sudah kita saksikan dan tandatangani bersama, ini menjadi ukuran dari keberagaman untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang. Kita buktikan  Pemilu damai aman dan kondusif. Kita juga mengajak netralitas para tokoh agama, hindari kepentingan, tunjukan kesejukan dan berikan helatan pesta demokrasi yang menyenangkan," imbuhnya. 

Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua KSK Kelurahan Malaka Jaya, Nadhy Ngarsanto, menjelaskan inisiasi ini dihelat guna memperkokoh persatuan dan kerukunan lintas umat untuk kedamaian menuju Sukses Jakarta Untuk Indonesia. 

"Tujuan kita untuk terus damai dan rukun, Kami juga nerterima kasih atas dukungan dan bimbingan pak lurah sebagai mitra pemersatu antar umat beragama di Malaka Jaya," ungkapnya. (AJ)