Pemkot Jakarta Timur Siagakan Pompa Mobile dan Siap Bangun Saluran Jacking di Jalan Jambore Cibubur

Jakarta Timur, (7/12/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan membangun saluran air dengan metode jacking di Jalan Raya Jambore, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Penegasan itu diungkapkan Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, saat meninjau lokasi rawan genangan di wilayah tersebut, Jumat (8/12/2023).

Walikota menjelaskan, rencana ini dilakukan setelah adanya aduan warga terkait genangan yang terjadi di wilayah tersebut saat hujan deras hingga menghambat lalu lintas. Kondisinya bahkan akan sangat parah hingga jalan terputus karena ketinggian genangan bisa mencapai 50 sentimeter hingga 1 meter. 

Dari hasil peninjauan, Walikota yang didampingi Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Kusmanto, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur Wawan Kurniawan, Camat Ciracas Yus Wil Rasyid, Plt Lurah Cibubur Ronny Abdullah, dan Kepala Seksi Ekbang Kelurahan Cibubur Heru Kristianto, ada sedikit kendala dalam pembangunan saluran. 

“Tentunya setelah saya mengecek ke lapangan jalur saluran lama agak sulit karena sudah tertutup dengan bangunan, dan bangunan milik warga belum dibebaskan, ini yang menjadi kesulitan,” jelasnya. 

Nantinya, saluran jacking dibangun sepanjang 100 meter hingga ke samping Waduk Rawa Babon. “Jadi kita buat bak kontrol dan air kita pompa air dengan kapasitas 500 liter per detik dan membuang air ke waduk dan saya yakin bisa mengatasi genangan air di Jalan Jambore,” katanya.

Untuk pembangunan saluran jacking, Walikota menjelaskan, akan dianggarkan Suku Dinas Sumber Daya Air pada tahun depan. Sementara untuk penanggulangan sementara genangan di wilayah tersebut disediakan pompa mobile.

“Untuk mengatasi genangan di sini sementara, Sudin SDA memaksimalkan jalur saluran lama, dan menempatkan pompa mobile di sini. Semoga dengan dua alternatif tersebut bisa mengatasi permasalahan genangan di  Jalan Jambore wilayah Kelurahan Cibubur,” tutupnya. (JS)