Pj Gubernur DKI Berharap Panen Cabai Bersama 6 Provinsi Bantu Tekan Inflasi dan Turunkan Harga

Jakarta Timur, (20/12/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, Hartono melakukan panen cabai secara serentak bersama enam Provinsi di Indonesia. Lokasi panen cabai digelar di lahan Kelompok Petani Pinggir Buperta (KPPB) Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (20/12/2023).

Selain DKI Jakarta, lima provinsi lainnya yang mengikuti panen cabai secara ‘zoom meeting on the spot’ yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan dan Banten. 
Hadir mendampingi Pj Gubernur, Pj Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta Mirdiyanti Heru Budi Hartono, Walikota Administrasi Jakarta Timur M.Anwar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Timur Diah Anwar.

Saat berdialog dengan kepada daerah lain, Pj Gubernur DKI menyampaikan, digelarnya panen cabai bersama enam provinsi di Indonesia dalam rangka menekan inflasi dan menurunkan harga cabai. Gerakan ini diinisiasi oleh pemerintah pusat, panen cabai dilakukan pula di 345 lokasi di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan volume sekitar 10,2 ton.

"Kita tahu cabai sekarang harganya mahal. Untuk itu, kita lakukan panen bersama lima provinsi lain, untuk di 6 wilayah DKI Jakarta panen tersebar di 345 lokasi, di lahan Kelompok Petani Pinggir Buperta (KPPB), di Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung berhasil dipanen cabai sebanyak 2,1 ton" ujar Pj. Gubernur Heru saat berdialog melalui Zoom.

Kemudian Pj. Gubernur Heru mengimbau kepada jajarannya di seluruh wilayah administratif agar terus bersinergi dalam menjaga stabilitas harga pangan. Dengan demikian, warga Jakarta akan terjamin ketersediaan pangannya jelang Nataru.

"Kepada seluruh wali kota dan bupati yang hadir dalam kegiatan panen raya ini, saya mengucapkan selamat (memanen). Semoga dengan apa yang telah kita lakukan bersama dapat menekan inflasi dan menurunkan harga cabai di pasaran,” jelasnya. (JS)