2. 836 Pohon Pelindung dan Produktif Ditanam Serentak di Jakarta Timur

Jakarta Timur, (22/12/2023) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur kembali menggelar aksi penanaman pohon serentak di 10 Kecamatan di Jakarta Timur. Total ada 2.836 pohon pelindung dan produktif yang ditanam hasil kolaborasi dengan PT Antam Tbk.

Kegiatan dipimpin langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, yang melakukan penanaman secara simbolis di kolong Tol Becakayu (perbatasan Kota Jakarta Timur dan Kota Bekasi), Jalan Laksamana Malahayati Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (22/12/2023). 

“Ini komitmen Pemkot Jakarta Timur bersama stakeholder terus berkolaborasi. Bersama PT. Antam ini bukan yang pertama kalinya untuk penghijauan, dan sekarang kita kembali gelar secara luring dan daring di 10 Kecamatan aksi penanaman pohon ini,” jelas Walikota.

Dari dua ribu lebih pohon yang ditanam, Walikota menjelaskan, ini terdiri dari berbagai jenis pohon. Mulai dari pohon pelindung, tanaman produktif, sayur mayur dan tanaman hias.

“Di sini dengan ketinggian 2 hingga 3 meter kita tanam jenis tanaman produktif dan pelindung. Ini menjadi perhatian kita bersama dalam memperbaiki kualitas udara serta pemanfaatan lahan untuk dihijaukan,” tambah Walikota.

Sementara itu, dikatakan Purwanto, General Manager PT Antam Tbk, aksi tanam pohon serentak itu merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bidang pelestarian alam, dengan mengutamakan sinergi bersama Pemerintah  Kota Administrasi Jakarta Timur demi tercapainya Net Zero Emission atau nihil emisi pada 2060.

“Ke depannya kami harapkan sinergi dan kolaborasi semakin dapat ditingkatkan sebagai wujud kepedulian lingkungan dan kesehatan masyarakat sesuai komitmen dekarbonisasi yang telah dicanangkan oleh Pemerintah,” pungkasnya. (AJ)