KPKP Kecamatan Cipayung Vaksinasi Rabies 80 HPR di Kelurahan Cilangkap

Jakarta Timur, (17/1/2024) - Dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran penyakit rabies terhadap hewan peliharaan, Satuan Pelaksana Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Cipayung menggelar vaksinasi rabies kepada Hewan Penular Rabies (HPR) di wilayah Kecamatan Cipayung, selama dua hari, 16-17 Januari 2024. Total ada 80 HPR yang divaksinasi dalam kegiatan tersebut.

“Dari 80 HPR tersebut, 46 kucing dan 34 anjing selama dua hari penyelenggaraan. Untuk hari ini (Rabu) berlokasi di Planet Satwa Jalan Suralaya VIII RT 03 RW 04 Kelurahan Cilangkap Jakarta Timur. Selanjutnya, setelah dari Kelurahan Cilangkap kami akan ke tujuh kelurahan lagi yang berada di Kecamatan Cipayung. Tentunya apa yang kami lakukan ini dapat terus menjadikan DKI Jakarta zero rabies,” kata Kasatpel Sudin KPKP Kecamatan Cipayung, Nur Hikmah.

Dari kegiatan tersebut, Nur Hikmah berharap, seluruh warga semakin sadar membawa hewan peliharaannya dalam program vaksinasi rabies gratis KPKP. Apalagi dalam vaksinasi tersedia tim dokter hewan yang akan melakukan penanganan dini terhadap hewan peliharaan yang dibawa warga.

“Jika memang hewan itu sakit kami juga membawa tim dokter hewan untuk diberikan penanganan dini, sehingga semua hewan yang datang sehat. Pastinya jika membawa ke tempat vaksinasi rabies yang ditetapkan, insyaallah bebas dari penyakit rabies,” jelasnya.

Sementara itu, pemilik Yayasan Planet Satwa, Edukasi Milza, mengungkapkan terima kasih kepada Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, terutama Sudin KPKP Kecamatan Cipayung, serta Kelurahan Cilangkap dan Kecamatan Cipayung yang telah menggelar kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan.

“Kami harapkan bukan hanya saat ini saja tetapi dilakukan rutin bukan hanya setahun sekali, karena ada juga warga yang ketinggalan informasi jadi tidak sempat membawa hewan peliharaannya untuk mengikuti vaksinasi. Saya harapkan ke depannya bisa dilakukan tiga kali dilakukan di sini, di kelurahan atau kecamatan atau ditempat lain juga bisa. Saya harapkan warga di Kecamatan Cipayung bisa membawa hewan peliharaannya terutama HPR, untuk divaksinasi rabies agar terhindar dari penularan penyakit rabies,” ungkapnya. (JS)