Kelurahan Jatinegara Tanam Puluhan Cabai Rawita di Halaman Gedung SKKT RW 03

Jakarta Timur, (19/1/2024) - Jajaran Kelurahan Jatinegara bersama para Kader PKK dan Kelompok Tani melakukan penanaman cabai rawita di halaman Gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) Kota Jakarta Timur, di Jalan Puskesmas RW 03 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur, Jumt (19/1/2024). Total cabai yang ditanam sebanyak 60 pohon.

Aksi penanaman pohon cabai rawita merupakan kontribusi para Tim Penggerak PKK dan Kelompok Tani di Kelurahan Jatinegara yang diinisiasi Tim Penggerak Provinsi DKI Jakarta. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan dan menekan inflasi yang bekerjasama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) PT East West Seed Indonesia dan Bank Indonesia.

Kegiatan dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Jatinegara, Jariyah. Atas kegiatan itu, ia mengapresiasi tinggi semangat para kader PKK dan Kelompok Tani (Poktan) RW 03 Kelurahan Jatinegara.

"Alhamdulillah, kita sudah tanam dan ini kita harapkan dapat menjadi bagian ikhtiar bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Jariyah.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat hingga tokoh agama di lingkungan untuk terus merawat dan memanfaatkan lahan di wilayahnya masing-masing, untuk budi daya pertanian perkotaan demi meningkatkan ketahanan pangan. Sebagai bagian penting kebutuhan pangan, lebih lanjut ia menjelaskan, pengembangan urban farming cabai akan terus didorong secara masif melalui gerakan menanam cabai di pekarangan oleh seluruh elemen masyarakat di wilayah Kelurahan Jatinegara.

“Ini semua untuk menjaga stabilitas makro ekonomi, antisipasi potensi tekanan inflasi dan penting untuk menjaga pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

Yosep, Ketua RW 03 Kelurahan Jatinegara mengaku, dirinya senang adanya aksi penanaman cabai rawit. Pasalnya, ini menggiatkan kembali penghijauan yang bermanfaat besar bagi ketahanan pangan keluarga.

"Kami mendukung dan akan kami tanamkan, tidak hanya di sini tapi di wilayah strategis di lingkungan RW 03 ini,” ungkapnya. (AJ)