Pemimpin Akar Rumput Diminta Gencarkan PHBS di Wilayahnya Cegah DBD

Jakarta Timur, (19/1/2024) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengimbau seluruh para pengurus  RT/RW hingga warga di wilayahnya untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi Demam Berdarah Dengue (DBD) saat musim hujan.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, saat meninjau Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kampung Baru RW 01 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jumat (19/1/2024).

Salah satu upaya itu dengan melakukan secara masif di seluruh pimpinan akar rumput untuk senantiasa menjalani hingga mengedukasi pentingnya PSN hingga pola hidup bersih sehat guna mencegah penyebaran DBD.

“Terus bergerak cepat dalam menanggapi permasalahan di wilayah, sehingga hasil didapatkan meningkatkan kesejahteraan kesehatan bagi warganya,” katanya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh kader Juru pemantik nyamuk (Jumantik), bahkan kader Posyandu juga dilibatkan untuk memantau kebersihan rumah warga.

“Mereka kami minta turun ke rumah-rumah yang memiliki lokasi rawan bersarangnya nyamuk, seperti tempat penampungan air,” imbuhnya.

H. Rouf, Ketua RW 01 Kampung Baru Kelurahan Jatinegara, mengaku senang kedatangan jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Menurutnya, kehadiran ini merupakan sebagai pendorong dalam mencegah dan menuntaskan kasus DBD.

“Pesan Pak Asisten benar, kesejahteraan kesehatan utama dalam kehidupan, PHBS kunci dalam pencegahan DBD. Dan kami akan terus mengedukasi seluruh warganya,” ungkapnya. (AJ)