Warga RT 008 Malaka Jaya Gaungkan Program Komposting Skala Rumah Tangga 

Jakarta Timur, (21/1/2024) - Beragam inovasi untuk memajukan lingkungan terus digencarkan  warga RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit. Selain penghijauan dengan keanekaragaman tanaman serta peningkatan keamanan melalui pemasangan Closed Circuit Television (CCTV), RT 008 siap menerapkan program komposting skala rumah tangga. 

Caranya dengan menyajikan wadah multiguna berupa drum komposter untuk dijadikan sebagai proses pembuatan kompos. Kegiatan ini secara simbolis diawali dengan pemberian drum komposter dari Lurah Malaka Jaya Asiyanto kepada seluruh warga di lingkungan RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya. 

"Saya apresiasi tinggi ya semangat dan ragam inovasi yang berkelanjutan oleh warga untuk lingkungan, ini cukup positif dan bermanfaat besar," kata Asiyanto. 

Menurutnya, program komposting ini bertujuan untuk mengubah cara pandang masyarakat terutama ibu rumah tangga terhadap sampah. Biasanya sampah dianggap mendatangkan masalah, namun kini sampah dapat memberi manfaat, bahkan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan. 

"Ini bagian dukungan terhadap pemerintah dalam mengurangi sampah yang harus diangkut dan dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dengan cara mengolah sampah tersebut langsung dari sumbernya yaitu rumah tangga," imbuhnya. 

Hal senada dikatakan Ketua RW 04, Sularto, pihaknya mengakui inovasi yang digagas oleh jajaran RT 008 bagi lingkungan. Dari berbagai inovasi program yang telah berjalan ini diharapkan dapat diikuti bagi 13 RT di lingkunganya. 

"Kita akan terus gaungkan sehingga pemberdayaan positif dapat menjadikan lingkungan RW 04 menjadi terus berwarna bagi lingkungan," tambahnya. 

Ketua RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, Taufiq Supriadi, menjelaskan sebanyak 41 wadah komposter diberikan hasil swadaya masyarakat. Ini merupakan rangkaian program kerjanya sesuai visi misi yang diharapkan yaitu bersama tumbuh maju sekaligus jadi pemicu warga bergerak beredukasi dan berinovasi untuk lingkungan. 

"Selain pemberian satu rumah satu wadah komposter, tentunya diharapkan agar warganya bisa kreatif dan terus inovatif. Sehingga, capaiannya dalam pembuatan pupuk kompos ramah lingkungan agar tanah berfungsi optimal untuk ditanami berbagai macam tanaman produktif," ungkapnya. (AJ)