Keanekaragaman Hayati RT 008 RW 04 Malaka Jaya Masuk Nominasi Kalpataru 2024 

Jakarta Timur, (28/1/2024) - Keanekaragaman hayati di lingkungan RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, menjadi salah satu nominasi penghargaan Kalpataru 2024 yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. 

Keanekaragaman hayati digencarkan warga RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, meliputi penghijauan dengan keanekaragaman tanaman produktif serta kolam gizi budidaya ikan lele, pemberdayaan masyarakat dalam program komposting skala rumah tangga, hingga peningkatan keamanan melalui pemasangan Closed Circuit Television (CCTV). 

Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengapresiasi upaya seluruh warga RT 008/RW 04 Kelurahan Malaka Jaya dalam membangun, menjaga dan melestarikan lingkungan. Menurutnya, patut diakui upaya-upaya berkelanjutan ini sebagai perlindungan lingkungan, khususnya dalam meningkatkan ketahanan pangan. 

"Saya mengapresiasi, hasilnya jelas dari warga untuk warga, tadi kita juga menyerahkan hasil budidaya lele untuk 26 lansia dan 5 balita, ini keberkahan dan tentunya bagian upaya penanggulangan stunting," kata Walikota. 

Walikota juga menyampaikan kepada seluruh warga, untuk terus membangun kekompakan demi guyub rukun dan menjadikan lingkungan tetap asri sehingga bermanfaat besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat. 

"Saya harapkan, keberhasilan yang sudah dibangun selama 5 bulan ini menjadi keberlanjutan mutu kualitas warganya, sesuai yang diharapkan bersama tumbuh maju," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, Taufiq Supriyadi, menjelaskan  pihaknya akan terus komitmen berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Pihaknya, akan bersinergi baik bersama para UKPD/SKPD di lingkungan Kota Jakarta Timur sehingga tercapai lebih banyak prestasi terkait lingkungan untuk mendukung Program Walikota Jakarta Timur di masa depan. 

"Kami akan kerja ikhlas, kerja cerdas dan terus optimis. Dalam persiapan untuk perlombaan Kalpataru 2024 terdapat 36 capaian kerja yang telah diraih oleh Ketua RT 008 RW04 Malaka Jaya akan menjadi kelebihan dan bukti nyata dari inisiatif warga dalam menghadapi tantangan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan," ungkapnya. (AJ)