Dukung Perbaikan Kualitas Udara, Ratusan Pohon Produktif Sasar Lembaga Pendidikan di Rawamangun

Jakarta Timur, (24/2/2024) - Dalam rangka menghadapi Triple Planetary Crisis atau tiga krisis besar yakni perubahan iklim, termasuk polusi dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati, Komite SMA (Sekolah Menengah Atas) Nabawi Islamic School Rawamangun memberikan ratusan pohon produktif yang diperoleh dari BPDAS Citarum Ciliwung Kementerian Lingkungan Hidup. 

Tercatat, sebanyak 201 pohon produktif, terdiri dari mangga hingga jambu diserahkan secara langsung Ketua Komite SMA Nabawi Islamic School Rawamangun, Taufiq Supriadi, kepada Direktur Pendidikan Nabawi Islamic School, Raden Muhammad Nashrullah, dalam kegiatan Nabawi Islamic School Expo 2024, Sabtu (24/2/2024). 

Lurah Rawamangun, Hery Kurniawan, yang hadir bersama Kasatlak Kecamatan Pulogadung Sakiman, mengapresiasi kegiatan tersebut. 

"Saya mengapresiasi langkah komite sekolah yang diketuai Pak Taufiq, dalam dukungan penghijauan lingkungan pendidikan diwilayah Kelurahan Rawamangun. Selain terpilih sebagai perwakilan calon penerima Kalpataru 2024 Kota Jakarta Timur," kata Hery Kurniawan. 

Menurutnya, seruan aksi penghijauan ini merupakan upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup. Sekaligus, membangkitkan semangat, motivasi dan menggerakkan seluruh elemen masyarakat hingga pelajar di Kota Administrasi Jakarta Timur untuk menanam dan memelihara pohon. 

Sementara itu Ketua Komite SMA Nabawi Islamic School Rawamangun, Taufiq Supriadi mengatakan dirinya akan terus mengedepankan paradigma kolaborasi dan kerjasama semua pihak, baik masyarakat, akademisi dan pemerintah dalam melestarikan lingkungan, salah satunya, mengajak generasi muda yang kreatif, produktif, inovatif dan berdedikasi untuk melestarikan lingkungan hidup. 

"Tentunya ini menjadi tantangan pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs). Tujuannya, bagaimana kita dapat mengelola alam dengan baik, dan ini menjadi kewajiban kita bersama-sama, melindungi dan merawatnya dari kerusakan. Kita harus mengambil langkah konkret demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan," imbuhnya. 

Direktur Pendidikan Nabawi Islamic School, Raden Muhammad Nashrullah, mengakui banyak hal yang menjadi perhatian dalam lakukan perbaikan lingkungan, seperti halnya yang saat ini digaungkan oleh Pemerintah Kota Jakarta Timur. Dari 210 pohon ini nantinya akan ditanam di halaman sekolah serta menjadi edukasi siswa-siswi dimulai dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas. 

"Harapannya, mereka dapat menjaga, menghargai, merawat, dan mencintai lingkungan, baik di sekolah, rumah, atau lingkungan manapun, sehingga adanya kecintaan lingkunganmu untuk masa depan bumi kita," ungkapnya. (AJ)