Pembangunan Puskesmas Kelurahan Jadi Fokus Musrenbang Kelurahan Jatinegara

Jakarta Timur, (26/2/2024) - Sebanyak 59 usulan datang dari masyarakat dalam gelaran Sidang Kelompok Kelurahan Jatinegara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024.  Fokus utama pembahasan dalam Musrenbang yakni pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan. 

Gelaran Musrenbang dibuka langsung Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, di Ruang Serbaguna Lantai 2, Kantor Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Senin (26/2/2024). Usulan ini bagian dari rangkaian proses penyusunan APBD untuk 2025 di Kota Administrasi Jakarta Timur. Berdasarkan hasil dari Rembug Rukun Warga (RW) yang tervalidasi, berdasarkan kebutuhan dan survei tugas teknis Pra Musrenbang di Kelurahan Jatinegara.

“Saya apresiasi antusias masyarakat Kelurahan Jatinegara ini cukup besar dalam memajukan wilayahnya dengan berbagai  kebutuhan yang diajukan untuk kepentingan warga, baik itu usulan fisik maupun non fisik,” kata Kusmanto. 

Lebih lanjut dikatakan Kusmanto, dari berbagai usulan yang diajukan, adanya kebutuhan warga dengan kesepakatan para Ketua RW mengusulkan keberadaan layanan kesehatan yang layak, yaitu pembangunan Puskesmas kelurahan. 

“Ini menjadi perhatian kita bersama dan ini akan menjadi pembahasan di tingkat Kota Jakarta Timur. Ini cukup penting dimana dengan penduduk yang cukup banyak layanan kesehatan menjadi kebutuhan penting, baik layanan fasilitas dan bangunannya," imbuhnya. 

Plt (Pelaksana Tugas) Lurah Jatinegara, Jariyah, menjelaskan pihaknya meminta para Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Kota Administrasi Jakarta Timur dapat memenuhi kebutuhan yang menjadi kebutuhan warga. Meskipun adanya penolakan usulan, dimana adanya ketidaksesuaian volume yang diajukan. 

“Kita juga membantu mengawasi sehingga usulan yang diharapkan warga tepat sasaran dan terealisasi untuk menyejahterakan warganya," ujarnya.

Ketua RW 010 Kelurahan Jatinegara, Muhammad Suharto Abdul Karim, mengaku senang adanya sidang kelompok Musrenbang Tingkat Kelurahan Jatinegara. Pasalnya, kebutuhan masyarakat ini menjadi dasar suksesnya pembangunan yang berkelanjutan. 

“Selain fisik dan non fisik, kita berharap adanya pembangunan baru Puskesmas Kelurahan Jatinegara, karena ini menjadi keluhan warga yang telah menahun," ungkapnya. (AJ)