35 Usulan Muncul dalam Musrenbang Kelurahan Makasar

Jakarta Timur, (27/2/2024) - Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, membuka Sidang Kelompok Kelurahan Makasar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 di Aula Serbaguna Lantai 3 Kantor Kelurahan Makasar, Selasa (27/2/2024). 

Ada 35 usulan yang dicetuskan warga, terdiri dari 26 usulan fisik dan 9 usulan barang. Usulan didominasi perbaikan jalan sebanyak 14 untuk Suku Dinas Bina Marga dan 12 usulan terkait perbaikan saluran untuk Suku Dinas Sumber Daya Air. 

Eka menjelaskan, selain pembangunan fisik yang diusulkan sesuai kebutuhan di wilayah kelurahan masing-masing, kegiatan non fisik, menurutnya juga sama penting terutama menyangkut kebutuhan dasar.

“Sebenarnya setiap Musrenbang fokusnya pada pengerjaan fisik. Tapi, kegiatan non fisik tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Saya harapkan warga juga memperhatikan usulan non fisik karena sama pentingnya,” jelasnya. 

Sementara itu, Lurah Makasar, Nasrudin, mengatakan usulan yang masuk ke Musrenbang sudah diseleksi sebagai yang terpenting atau paling prioritas. Alasannya bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat. 

“Semoga apa yang diajukan oleh para warga melalui ketua RW dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar,” ujarnya. 

Selain itu, warga di Kelurahan Makasar masih menginginkan pembangunan infrastruktur, untuk pembangunan SDM seperti pelatihan belum ada yang mengusulkan. Karena itu, ia berharap para Ketua RW dapat mengusulkan usulan non fisik atau pelatihan secara langsung.

“Mereka bisa bersurat kepada Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) yang dituju sesuai arahan dari pak Aspem,” ungkapnya. (MM)