Sukseskan Gertam Cabai Se-Indonesia di HKG-PKK ke-52, Pemkot Tanam 500 Cabai di Cipinang Melayu

Jakarta Timur, (4/3/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar. bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, menanam ratusan pohon cabai di Lahan Urban Farming RW 06 Kolong Tol Becakayu, Jalan Laksamana Malahayati, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Senin (4/3/2024).

Kegiatan merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam menyukseskan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia yang digelar secara daring, sebagai salah satu rangkaian dari Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-52 tahun 2024.

“Gerakan tanam cabai ini diselenggarakan serentak oleh TP PKK Pusat, diikuti TP PKK Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Dan Jakarta Timur kita tanam sebanyak 500 pohon di Kolong Tol Becakayu Cipinang Melayu,” kata Walikota.

Menurutnya, pemanfaatan lahan yang dijadikan urban farming atau pertanian perkotaan di wilayahnya tergolong Pokja III Tim Penggerak PKK. Pihaknya kata Walikota terus bersinergi dan kolaborasi seluruh stakeholder termasuk Baznas Bazis Kota Jakarta Timur. Pemanfaatanya, selain menekan inflasi dan ketahanan pangan juga untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Sebelumnya, kita telah berhasil maksimal dalam panen cabai, kita ada program Rawita Peti 'Cabai Rawita Pedaskan Timur' dan saat ini juga kita membagikan pada anak berisiko stunting dengan masing-masing mendapat paket sembako dan sayuran hingga susu,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, menambahkan pihaknya melibatkan 1.250 kader PKK di 74 lokasi dalam menyukseskan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia dengan tema yang diangkat HKG-PKK ke-52 tahun 2024 'Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju'.

“Tentunya kita harapkan dari kegiatan Gertam HKG-PKK ke 52 ini dapat meningkatkan mutu kualitas pangan dan menyejahterakan masyarakat dalam menekan inflasi di Jakarta," ungkapnya. (AJ)