Puluhan Anak di Kampung Pertanian Klender Jalani Imunisasi ORI Difteri

Jakarta Timur, (18/3/2024) - Sebanyak 80 anak berusia 13-15 tahun, yang merupakan warga Kampung Pertanian Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, menjalani Outbreak Response Imunization Difteri (ORI Difteri) atau disebut juga sebagai imunisasi gratis difteri. Kegiatan imunisasi ORI Difteri di Sekretariat Kantor RW 02 Kampung Pertanian.

Kegiatan merupakan upaya memutuskan transmisi penularan penyakit difteri pada anak, terutama yang tinggal di kejadian luar biasa (KLB) tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Alhamdulillah dari target 402 saat ini sudah terimunisasi 80 anak dan ini akan kita kejar terus, sehingga capaian pencegahan kasus dapat tertangani,” kata Lurah Klender, Tri Budianto, saat dikonfirmasi, Senin (18/3/2024).

Dijelaskan Tri, ORI Difteri sangat penting karena Penyakit Difteri yang disebabkan infeksi bakteri Corynebacterium Diptheriae dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti sumbatan saluran nafas serta peradangan pada otot jantung bahkan kematian. Dengan demikian dirinya meminta para petugas Puskesmas, para kader PKK Dasawisma untuk terus menggelorakan pentingnya imunisasi Difteri bagi warganya.

“Peran kita mengimbau orang tua dan guru memastikan status imunisasi lengkap bagi anaknya,” cetusnya. (AJ)