Vaksinasi Rabies di RPTRA Payung Tunas Teratai Capai 107 HPR

Jakarta Timur, (26/3/2024) – Mencegah penyebaran penyakit rabies dan menjaga wilayah tetap ‘zero rabies’, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur melalui Satuan Petugas Pelaksana Kecamatan Cipayung menggelar kegiatan vaksinasi rabies terhadap hewan penular rabies (HPR). Vaksinasi digelar Satuan Pelaksana Satuan Pelaksana Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (Satpel KPKP) Kecamatan Cipayung, selama empat hari, 25-28 Maret. 

“Untuk pelaksanaan vaksinasi rabies di RPTRA Payung Tunas Teratai, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung sudah berlangsung 2 hari,” kata Kasatpel Suku Dinas KPKP Kecamatan Cipayung, Nur Hikmah, Selasa (26/3/2024).

Hari pertama vaksinasi, ada 51 HPR yang divaksinasi rabies, yakni 37 kucing, 13 anjing, dan 1 musang. Sementara hari kedua, total ada 56 HPR, dengan rincian 34 kucing, 22 anjing. 

“Ini masih akan bertambah karena kegiatan vaksinasi masih dilakukan door to door ke rumah warga," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Nur Hikmah mengimbau warga sekitar yang berada di wilayah Kelurahan Cipayung yang ingin melakukan vaksinasi rabies untuk datang ke RPTRA Cipayung. 

“Kami membuka vaksinasi terakhir besok, jadi manfaatkan waktunya karena vaksinasi ini gratis dan tidak dipungut biaya. Selain agar hewan peliharaannya sehat dan terhindar juga dari penularan rabies serta menjaga wilayah Kecamatan Cipayung tetap zero rabies,” pungkasnya. (JS)