Pemkot Jakarta Timur Verlap Sarana Ibadah di Cakung, Konsep Green Mosque JIEP Jayakarta Akan Segera Dibangun

Jakarta Timur, (27/3/2024) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan kunjungan dalam rangka verifikasi lapangan (verlap) pembangunan sarana rumah ibadah Masjid JIEP Jayakarta di Kawasan JIEP Pulogadung Jalan Rawa Gelam, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Rabu (27/3/2024). 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, yang didampingi Camat Cakung Fajar Eko Satrio, Ketua FKUB Jakarta Timur Ma'arif Fuadi, dan perwakilan Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Timur, peninjauan lapangan dan verifikasi berkas permohonan rekomendasi persetujuan pembangunan rumah ibadat Masjid JIEP Jayakarta telah memenuhi persyaratan dan akan segera dilakukan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat sekitarnya. 

“Alhamdulillah, berjalan lancar ya dan segera dilakukan pembangunan. Konsepnya 'Green Mosque' dengan penghijauan lingkungan, ramah disabilitas hingga dukungan pemanfaatan lahan urban farming," kata Achmad. 

Menurutnya, keberadaan Masjid JIEP Jayakarta ke depannya dapat menjadi contoh bagi sarana ibadah lainnya, selain kelengkapan administrasi yang baik juga pemanfaatan lahan hijau.

“Ya tentunya kita inginkan sebagai tempat yang didalamnya banyak menyebut nama Allah dalam berdzikir, tempat beritikaf dalam salat, dan  pusat pertemuan Islam untuk membicarakan urusan hidup dan perjuangan," imbuhnya.

Hal senada dikatakan Ketua FKUB Jakarta Timur, Maarif Fuadi. Ia mengatakan pihaknya mengapresiasi dan mendukung di setiap pembangunan rumah ibadah. Pasalnya, hadirnya FKUB dalam rangka memastikan memang benar lokasi pembangunan masjid dan memastikan bahwa pembangunan masjid ini mendapat dukungan dari masyarakat sekitar.

“Tadi kita lihat sudah cukup terlengkapi dan sudah bisa di lakukan pembangunan, dan kembali lagi konsep nya Green Mosque dan ini cukup baik," ujar Maarif. 

Sementara itu, Zulkifli, selaku Ketua Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta mengungkapkan rasa haru dan senang adanya dukungan dalam pembangunan masjid ini. Menurutnya, dapat termotivasi dalam meningkatnya kesejahteraan umat.

"Kebutuhan akan sarana ibadah telah berjalan baik, kita harapkan maksimal dan dapat bermanfaat besar nantinya untuk diri kamu dan masyarakat," ujarnya. (AJ)