Wujudkan Lingkungan Tertib Aman dan Nyaman, Pemkot Apresiasi Keberadaan Tikam Hantu RW 01 Cipayung

Jakarta Timur, (14/5/2024) – Inovasi kewilayahan di lingkungan Kavling DKI RW 01 Kelurahan Cipayung berupa Tim Keamanan dan Ketahanan Terpadu (Tikam Hantu) mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Hal ini sebagai upaya ampuh menyelesaikan beragam tindak kejahatan yang patut diwaspadai. 

Apresiasi itu diungkapkan Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, saat memimpin Tim Penilai dalam gelaran verifikasi lapangan Lomba Kelurahan Kota Jakarta Timur Tahun 2024, Selasa (14/5/2024).

“Ini menjadi bagian upaya inovasi kewilayahan yang melibatkan beberapa unsur, salah satunya mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman dari beragam tindak kejahatan. Di RW 01 ini telah berjalan baik yaitu TIKAM HANTU, Tim Keamanan dan Ketahanan Terpadu dan ini patut diapresiasi bahkan telah dirasakan keberadaanya mengurangi tindak kejahatan seperti tawuran, begal bahkan kenakalan remaja,” kata Eka.

Dari hasil laporan dan pemaparan pihak Lurah Cipayung, Eka mengatakan, hal tersebut telah memenuhi fokus tahapan penilaian yaitu administrasi. Artinya sesuai pendataan terkait pemerintahan, kewilayahan hingga kemasyarakatan hingga beragam inovasi yang telah dijalankan. 

“Sepertinya sudah cukup baik dan patut dalam penilaian pemberdayaan, sinergi dan pemberdayaan hingga keterlibatan masyarakat menjadi unsur kuat Kelurahan Cipayung menjadi salah satu terbaik," imbuhnya.
Lurah Cipayung, Yulian Fathiniah, mengaku di wilayahnya terus mengedepankan nilai kolaborasi sesuai dengan komitmen Kelurahan Cipayung 'Bersama' (Berdaya, Empati, Responsif, Sinergi, Amanah, Maju dan Adaptif). Ia menjelaskan, salah satunya Tikam Hantu yang menjadi bagian inovasi Kelurahan Cipayung yang keberadaanya sangat dirasakan masyarakat. 

“Kita bisa bersama, wujudkan Cipayung yang aman nyaman dan kondusif. Kita optimis bersama dengan kelurahan lainnya dalam lomba ini hingga ketingkat Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.
Sementara Itu, Kusman, LMK RW 01 Kelurahan Cipayung menambahkan, secara teknis keberadaan Tikam Hantu melakukan penyisiran wilayah untuk memastikan ketertiban, keamanan dan kenyamanan bagi warga, penyisiran dilakukan sebagai upaya mengedukasi masyarakat.

“Bersinergi dengan Lurah Cipayung, TNI-POLRI Satpol PP secara konsisten sehingga keamanan lingkungan terus terus baik,” ungkapnya. (JS)