Tekan Kasus DBD, Jajaran Kelurahan Cijantung Gencarkan Larvasidasi

Jakarta Timur, (29/5/2024) – Dalam rangka menekan angka kasus demam berdarah dengeu (DBD), Kelurahan Cijantung gencar melakukan kegiatan larvasidasi di lingkungan warga RT 03 RW 07 dan Gang Ikhlas 5 Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (29/5/2024). Kegiatan menurunkan 20 kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kelurahan Cijantung.

Lurah Cijantung, Teguh Suharyono, menjelaskan, kegiatan larvasidasi atau pemberantasan jentik dengan menaburkan bubuk larvasida dibarengi dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).  

“Kami bersama Puskesmas Kecamatan melakukan kegiatan larvasidasi rutin sesuai dengan instruksi pimpinan, dan tadi karena ada informasi warga ada yang terkena DBD dilakukan pemantauan oleh Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo," katanya.

Teguh menambahkan, PSN dilakukan diberbagai tempat, mulai dari kamar mandi, dispenser, teras rumah hingga pot tanaman. Dibeberapa titik diberikan bubuk abate.

“Kami berpesan kepada warga agar lebih memeriksa barang bekas yang tidak terpakai, yang dapat menimbulkan jentik nyamuk, selain itu agar terus mengaktifkan kembali di rumah masing-masing menjadi kader Jumantik mandiri, agar terhindar dari penyakit DBD. Semoga dengan terus digencarkan kegiatan larvasidasi dan PSN, kasus DBD di Kelurahan Cijantung menjadi zero kasus," tutupnya. (JS)