Pemkot Jakarta Timur Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Guna Pastikan Keamanan dan Kesehatan

Jakarta Timur, (6/6/2024) – Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, melakukan peninjauan kepada salah satu tempat penampungan hewan kurban (TPnHK) di Jalan Inspeksi Cakung Cilincing Sisi Timur, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Kamis (6/6/2024). Peninjauan untuk memastikan hewan kurban yang dijual sebelum peringatan Hari Raya Idul Adha 2024 dalam keadaan sehat dan aman dikonsumsi.

Wakil Walikota mengatakan, pemeriksaan hewan kurban sebagai upaya penjaminan kesehatan hewan kurban yang masuk ke wilayah DKI Jakarta, khususnya, Wilayah Jakarta Timur menjelang Hari Raya Idul Kurban 2024. Peninjauan sekaligus pemeriksaan meliputi administrasi kelengkapan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) bagi penjual.

Peninjauan juga dilakukan untuk memeriksa kelayakan Tempat Penampungan  hewan kurban, seperti tersedianya atap peneduh, pagar pengaman, ketersediaan pakan dan minum, hingga pemeriksaan kesehatan hewan secara klinis, jika terindikasi sakit diwajibkan untuk diisolasi.

“Kami sudah meninjau langsung dan hasil dari laporan yang ada, seluruh hewan yang masuk ke Jakarta Timur cukup memenuhi persyaratan dan laik untuk di konsumsi dalam peringatan Idul Adha mendatang,” kata Wakil Walikota. 

Sementara itu, Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, Iwan Ardiyanto menjelaskan, pihaknya belum menemukan penyakit apa pun terhadap seluruh hewan yang akan dikurban. Namun, mereka tetap berhati-hati saat melakukan pemeriksaan terhadap tempat-tempat penjualan hewan kurban di Jakarta Timur. 

“Sejauh ini kita sudah lakukan peninjauan terhadap 138 TPnHK, telah terperiksa sapi 6.824 ekor, kerbau 7 ekor dan kambing 5.152 ekor, domba 1.552 ekor, dengan total hewan terperiksa sebanyak 13.687 ekor. Seluruh hewan terperiksa memenuhi syarat sebagai hewan kurban,” jelasnya.

Mujiarta, selaku pemilik hewan kurban, mengaku senang disambangi jajaran Pemkot Jakarta Timur untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan.

“Kami senang ini menjadi kepastian bagi masyarakat yang ingin membeli hewan kurban untuk Idul Adha,” ucapnya. (AJ)