Pemkot Jakarta Timur Ajak Seluruh Lapisan Masyarakat Pahami Pencegahan Terorisme dan Radikalisme

Jakarta Timur, (13/6/2024) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, membuka kegiatan peningkatan kewaspadaan terhadap ancaman terorisme dan gerakan radikalisme, di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Wakil Walikota menjelaskan, kegiatan rutin dilakukan karena perlu adanya pengulangan dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman terorisme dan gerakan radikalisme yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat di Jakarta Timur. Dalam kegiatan tersebut diikuti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), KNPI, dan Karang Taruna. Narasumber dari kegiatan tersebut dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Densus 88, dan akademisi yang berkaitan dengan terorisme dan gerakan radikalisme.

“Harapannya tentu, kita tidak berhenti disosialisasi saja, tapi bagaimana sosialisasi ini menjadi pemahaman yang betul-betul dipahami oleh semua orang baik dari usia dini sampai usia lanjut, karena memang kita berharap ini menjadi hal yang masif dilakukan di semua sektor,” ujarnya.

Sementara itu, Al Hadid, Ketua KNPI Jakarta Timur yang juga salah satu peserta sosialisasi menyampaikan, kegiatan yang diselenggarai oleh Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Timur cukup baik dalam mencegah timbulnya pemahaman terorisme dan radikalisme. Dengan kegiatan tersebut pihaknya dapat menyebarluaskan tingkat kewaspadaan terhadap paham terorisme dan radikalisme di lingkungan masyarakat, sehingga menjauhkan ancaman terorisme dan gerakan radikalisme di lingkungan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa mengajak teman-teman semua sama-sama menghindari radikalisme dan terorisme,” tuturnya. (AD)