Walikota Tinjau Tiga Lokasi Penanganan Genangan di Kecamatan Cipayung

Jakarta Timur, (5/7/2024) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan monitoring pekerjaan penanganan genangan di Wilayah Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2024). 

Ada tiga lokasi yang ditinjau Walikota. Diawali di Jalan Raya Cipayung, Gang Mangga RT 08 RW 02 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Lokasi kedua pembuatan Sumur Resapan (Sures) di Jalan Raya Setu Gang Tipul RT 06 RW 03, dan ketiga pembuatan sures di wilayah RT 05 RW 11 Kelurahan Lubang Buaya. 

"Saya mengawali monitoring pembuatan saluran di wilayah RW 02 Kelurahan Cipayung. Ini merupakan hasil Musrenbang 2024, dalam rangka peningkatan saluran baru sepanjang 53 meter, dengan memasang u-dicth ukuran 50 x50. Kegiatan sudah berjalan selama tiga hari dan semoga, setelah dibuatkan saluran air, di saat hujan deras tidak terjadi genangan lagi. Dan saluran tersebut dapat menampung debit air saat intensitas hujan tinggi," katanya. 

Ia juga menjelaskan, pembuatan sures di Jalan Raya Setu Gang Tipul RT 06 RW 03 Kelurahan Setu dilakukan karena menurut informasi dari pak RT, saat hujan selalu terjadi genangan sehingga dibuatkan sumur resapan sebanyak empat titik. 

"Saya juga melihat pembangunan sures di Jalan Manunggal XVII, Gang Langgar RT 05 RW 11 Kelurahan Lubang Buaya, karena dari informasi pak RW sering terjadi genangan jadi dibuatkan sumur resapan dengan kedalaman 20 meter, selain mengatasi genangan juga menampung air sebagai cadangan air di musim kemarau," ujarnya. 

Walikota didampingi Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Lurah Cipayung Yulian Fathiniah, Lurah Setu Dwi Widiastuti dan Lurah Lubang Buaya Dede Saifullah serta Dewan Kota Kecamatan Cipayung Toto Suharto saat peninjauan tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Walikota menjelaskan target sures untuk wilayah Jakarta Timur di tahun 2024 sebanyak 2.000 sures. "Sampai saat ini sudah mencapai 400 sures. Tentunya kami membuat sures ditempatkan di wilayah yang sering terjadi genangan untuk bisa mengatasi genangan di lokasi tersebut," pungkasnya. (JS)