Ketua Tim Penggerak PKK Panen Sayuran Bersama di Edufarm Cipayung

Jakarta Timur, (12/7/2024) – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, melakukan panen sayuran di lahan Edufarm Cipayung, Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (12/7/2024). 
Panen menghasilkan 68 kilogram berbagai jenis sayuran, seperti kangkung 10 kilogram, timun 20 kg, pakcoy 10 kg, kacang 5 kg, bawang 8 kg, terong 10 kg dan pepaya 5 kg.  

“Jadi lahan Edufarm Cipayung ini memiliki lahan yang cukup luas, jadi dimanfaatkan sebagai lahan pertanian perkotaan. Di sini ada tanaman jagung, baik jagung manis dan jagung pulung yang siap panen 1 bulan lagi. Saya merasa senang sekali karena terbukti semua melakukan kegiatan urban farming dengan baik, dari Kader PKK, kelurahan, kecamatan hingga pengelola RPTRA dan warga masyarakat ikut melakukan kegiatan urban farming di sini,” kata Diah.

Ketua PKK hadir didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Fauzi, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Kasatpel KPKP Kecamatan Cipayung Nur Hikmah, Lurah Cipayung Yulian Fathiniah dan Dewan Kota Kecamatan Cipayung Toto Suharto.

Diah menambahkan, hasil panen ada yang dijual dan ada juga yang dibagikan ke masyarakat. Hasil penjualan akan dibelikan bibit kembali untuk ditanam.

“Jadi dari harganya kita jual lebih murah setengah harga dari harga yang dijual di pasar, sehingga warga juga terbantu mendapatkan sayuran dengan kualitas yang baik dengan harga murah,” jelasnya.

Sementara itu Kasatpel KPKP Kecamatan Cipayung, Nur Hikmah, berharap hasil panen dapat membantu ketahanan pangan di wilayah Kelurahan Cipayung sekaligus membantu ekonomi keluarga. 

“Semoga dengan panen ini dapat meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kelurahan Cipayung. Hasil panennya, kami bagikan dan jual ke warga dengan harga murah tentunya untuk membantu warga yang membutuhkan sehingga warga sehat dan bahagia dengan mengkonsumsi sayuran dari hasil urban farming tanpa bahan pengawet semua sayuran alami,” ungkapnya. (AJ)