Tingkat Sinergi dan Pemahaman, Pemkot Gelar Pembinaan RT/RW dan LMK Jakarta Timur

Jakarta Timur, (30/7/2024) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar pembinaan terhadap kapasitas seluruh Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) di Ruang Serbaguna Blok C Kantor Walikota, Selasa (30/7/2024).

Kegiatan yang dibuka langsung Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, diselenggarakan secara daring dan luring bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memperkuat tugas fungsi para Ketua RT/RW dan LMK se-Jakarta Timur.

Pembinaan berfokus pada pembinaan terdiri dari berbagai layanan orientasi public, salah satunya mengenai administrasi kependudukan dan pengamanan aset hingga anggaran pertanggung jawaban.

“Ini bagian dari monev atau monitoring evaluasi dalam merelaksasi para pengurus RT, RW dan LMK. Keberadaan mereka sebagai kaki dan tangan pemerintah di akar rumput harus disinergikan secara baik,” kata Wakil Walikota.

Wakil Walikota juga mengingatkan, pelaksanaan tugas para RT/RW dan LMK agar sesuai ketentuan yang berlaku, profesionalisme dan berkomunikasi baik serta peka juga peduli terhadap permasalahan di wilayah masing-masing dengan brkoordinasi kepada kelurahan dan kecamatan.

“Nah, ketentuan yang diharapkan itu dapat memberikan layanan yang konsultatif, hindari pungutan liar serta memberdayakan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia hingga menjaga wilayah agar tetap aman damai dan kondusif,” imbuhnya.

Nurito, Ketua RW 02 Kelurahan Cilangkap, mengaku senang dapat mengikuti pembinaan RT/RW dan LMK Kota Jakarta Timur. Pembinaan tersebut, menurutnya dapat meningkatkan semangat dan wawasan juga kekompakan dalam setiap pengurus RT, RW di wilayah.

“Kendala pasti ada, seperti secara fakta kondisi lingkungan mengenai layanan administrasi dan ini menjadi tantangan kikta bersama dalam menjalani tugas pemangku lingkungan yang tetap profesional dan berintegritas baik,” ungkapnya. (AJ)