Walikota Cek Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana meninjau langsung Terminal Bus Kampung Rambutan dalam rangka pengecekan kesiapan operasional dan pelayanan angkutan Lebaran 1437H/2016, Sabtu (2/7). Pada kesempatan ini Walikota yang didampingi Camat Ciracas Manson Sinaga mengecek semua kesiapan pelayanan salah satunya pelayanan kesehatan.

"Iya, Jadi dalam peninjauan ini, tujuan saya ke sini yang utama itu untuk mengecek kesehatan penumpang dan pengemudinya, selain itu juga cek armada bus yang ada, mayoritas baik semua. Sehingga, Bus layak untuk dijalankan," kata Walikota dilokasi.

Menurutnya, peran Pemerintah Kota  (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur sendiri akan mengerahkan bantuan seperti kesehatan serta kebersihan lingkungan seluruh terminal. "Sebelumnya juga saya telah sampaikan kepada Sudin Kantor terkait dan Lurah serta Camat untuk mengerahkan petugas dokter dan PPSU untuk menjaga kesehatan pemudik juga kebersihan sekitar terminal," ujarnya.

Bambang menambahkan, untuk puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan sendiri terjadi mulai Minggu ini. "Berdasarkan informasi siang hari ini sudah 4.219 jiwa pemudik dan sudah mengeluarkan 150 bis. Tercatat di H -5 ini sudah mencapai10. 475 penumpang. Kemungkinan hari ini padat, kalau puncaknya bisa malam ini hingga besok," tambahnya.

Walikota menjelaskan, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan membeludaknya jumlah penumpang. pihaknya mengerahkan personel gabungan dari tiga pilar diantaranya, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan serta dibantu relawan para anggota Pramuka.

"Melihat penumpang arus mudik tahun ini sangat tinggi. Untuk itu Keamanan kita tingkatkan dengan tiga pilar, Kita maksimalkan baik di posko maupun terminal," jelas Bambang.

Pihaknya juga menyediakan armada tambahan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang. "Kami juga menyiapkan dari Dishub Provinsi sebanyak 3 bus di Pulogebang hingga besok dan itu semua gratis," tandasnya. (Ajid/Kominfomas JT)