Jumantik Kelurahan Malaka Jaya Rutin Lakukan PSN

Aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) rutin digelar di wilayah Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, setiap hari Jumat. Selain memeriksa jentik nyamuk ke rumah-rumah, para kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang bertugas, sekaligus mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat.

“Kelurahan Malaka Jaya rutin melaksanakan kegiatan monitoring Pemberantasan Sarang Nyamuk setiap hari Jumat,” kata Lurah Malaka Jaya Lidiana Endah, saat memantau jalannya PSN, di RW 02 Kelurahan Malaka Jaya, Jumat (28/10).

Selain kader Jumantik yang berjumlah 58 orang, kegiatan ini juga diikuti petugas dari unsur kelurahan (7 orang), Pukesmas Kelurahan Malaka Jaya (2 orang), FKDM (2 orang) pengurus PKK (2 orang) dan perwakilan RT/RW setempat.

“Bangunan atau rumah yang diperiksa oleh kader Jumantik dalam kegiatan monitoring pelaksanaan PSN di RW 02 Kelurahan Malaka Jaya ada 114 bangunan dan semuanya bersih dari jentik nyamuk,” kata Endah.

Menurut Endah, pelaksanaan PSN mendapatkan respon positif dari masyarakat. Mereka antusias menerima petugas dan kader Jumantik yang datang ke rumahnya dan ikut bersama-sama memeriksa jentik nyamuk.

“Warga senang dengan adanya kegiatan ini karena mereka bisa bersilaturahmi dengan aparat secara langsung termasuk menyampaikan keluhan, pertanyaan atau saran kepada kami,” ujar Endah.

Kegiatan monitoring PSN ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar kader Jumantik dari masing-masing RW. Mereka juga saling berbagi informasi kepada masyarakat mengenai berbagai permasalahan yang ada, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan.

“Diharapkan ke depan warga dapat menjadi Jumantik mandiri dan selalu menjaga kebersihan di tempat tinggalnya masing-masing,” pungkasnya. (Jonathan/Kominfomas JT).