Pagi Lapor, Malamnya Lampu PJU Sudah Terpasang

Pemkot Jakarta Timur merespon dengan cepat laporan warga Rumah Susun (Rusun) Cipinang Muara, di Jl. Cipinang Muara II, RW 02 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren. Warga mengeluh, minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU) disekitar Rusun, sehingga dikhawatirkan menimbulkan kerawanan sosial.

Aspirasi warga tersebut disampaikan langsung kepada Wakil Walikota Jakarta Timur H. Husein Murad, saat meninjau Rusun Cipinang Muara, Minggu (15/2).  Husein yang datang untuk melakukan monitoring aksi kebersihan, memang memberikan kesempatan pada warga untuk menyampaikan permasalahan di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.

“Banyak lampu-lampu taman di lingkungan rusun yang mati dan tidak dapat beroperasi lagi,” kata Parno, salah seorang warga Rusun Cipinang Muara, RT 18/RW 02 Kelurahan Pondok Bambu.

Akibat banyak lampu yang mati, jika malam lingkungan rusun menjadi gelap gulita. “Karena gelap, kalau malam minggu banyak yang mojok,” ujar Parno lagi.

Dirinya bersama warga mengharapkan Pemkot Jakarta Timur untuk memasang lampu di taman dan sekitar lingkungan Rusun yang mayoritas penghuninya para guru dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut. “Kebetulan ada Bapak Wakil Walikota, kami minta agar lampu-lampu yang mati diperbaiki untuk menghindari hal-hal yang negatif, khususnya pada malam hari,” kata Parno.

Wakil Walikota yang mendengarkan keluhan warga tersebut langsung menelpon Tuti Kurniati, Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur. Husien meminta agar dipasang lampu PJU di sekitar lingkungan rusun.

“Tadi saya telpon Bu Tuti yang ngurusin lampu. Nanti malam akan dipasang lampu sorot agar terang,” janji Husein, dihadapan warga yang hadir.

Terbukti, malam harinya pihak Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur langsung datang ke Rusun Cipinang Muara, untuk memasang lampu PJU. Lampu dipasang di titik-titik yang gelap, selain melakukan penggantian lampu yang rusak.
“Ada 4 lampu yang dipasang, selain itu ada 8 lampu yang diperbaiki di Rusun Cipinang Muara pada malam itu juga,” kata Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Tuti Kurniati, saat dihubungi, Senin (16/2).

Tuti mengatakan, pada hari ini, pihaknya menambah 2 titik lampu PJU lagi di Rusun Cipinang Muara. Dirinya berharap penambahan lampu tersebut dapat membuat suasana rusun menjadi lebih terang pada malam hari, sehingga warga menjadi lebih tenang dan aman untuk beraktifitas.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengadu masalah lampu PJU mati atau rusak dapat menghubungi posko PJU di nomor 4603838 atau kewat website sdpe.jaktimkota.net,” pesan Tuti. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)