Lingkungan RPTRA Gandaria Ditanami Pohon Langka

Camat Pasar Rebo Wahyu Supriyatna menanam jenis pohon Gandaria di RPTRA Gandaria, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo. Minggu (15/1). Penanaman pohon yang terbilang sudah langka ini  dilakukan saat digelarnya  Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di kawasan tersebut.

Pada kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB ini, ikut dihadiri  Lurah Pekayon Nunuk Widyastuti, para Ketua RW se-Kelurahan Pekayon, Babinsa, Bimaspol, Satpol PP, FKDM, anggota TP PKK dan Karang Taruna di Kelurahan Pekayon. Selain itu hadir pula para tokoh masyarakat setempat.

Wahyu mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan penanaman pohon ini dalam rangka pemeliharaan lingkungan dengan penghijauan sekaligus pengamanan lahan aset Pemprov DKI Jakarta. Terkait aksi  kebersihan yang dilakukan secara massal, menurutnya  sebagai upaya melestarikan budaya gotong royong.

"Ide ini muncul ketika proyek RPTRA mulai dibangun dan menyisakan lahan begitu luas yang mencapai  5.400 meter persegi. Maka menjadi tanggung jawab saya selaku pengemban amanat untuk mengamankannya,” kata Wahyu.

Menurut Wahyu, lahan yang ada perlu diamankan karena sudah ada indikasi pemanfaatan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. “Ada pihak-pihak yang memanfaatkan lahan yang ada sebagai lahan parkir liar,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Pekayon Nunuk Widyastuti menambahkan, ide menanam pohon ini muncul secara spontan ketika mendapatkan akses dengan Paguyuban Budiasi pimpinan Jenderal Doni Munardo. "Kami mendapat bantuan 3.000 bibit pohon terdiri dari pohon Albasia (sengon), pohon Afrika dan pohon Puspa. Semuanya pohon keras dan ada dua pohon langka yaitu pohon Gandaria,” kata Nunuk.

Menurut Nunuk, nantinya pohon-pohon tersebut akan dirawat dan dipelihara oleh pihak kelurahan bersama dengan masyarakat setempat. "Pemeliharaan menjadi tanggung jawab kami dan dilakukan bersama warga sekitar,” ujarnya.

Nunuk mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini disambut masyarakat dengan antusias. Hal ini terlihat dari keikutsertaan masyarakat menanam bibit dan sukarela menyumbang bibit tanaman produktif seperti, jambu Jamaika , jamblang dan mangga untuk ditanam di lahan yang ada.

"Harapan saya apa yang dilakukan pada hari ini menjadi sesuatu yang berharga dan tidak terbeli yakni lingkungan yang asri dan sehat serta menjadi oase diantara pabrik-pabrik besar disekitar wilayah Pekayon," ujarnya.

Nunuk pun menghimbau agar warga ikut menjaga pepohonan yang sudah ditanam tersebut. “Warga diharapkan tumbuh rasa ikut memiliki sehingga muncul  kesadaran untuk mau memelihara, menjaga sampai dengan dua tahun ke depan saat tanaman-tanaman ini sudah tumbuh menjadi besar dan kelihatan hasilnya," tandas Nunuk. (Jonathan/KIS JT)