Walikota Serahkan Bantuan Bedah Rumah Untuk 14 Warga

BAZIS Jakarta Timur kembali  menyalurkan bantuan program bedah rumah untuk warga kurang mampu. Kali ini bantuan diberikan untuk 14 warga dari 10 kelurahan di Jakarta Timur dengan total nilai seluruhnya Rp 395 juta.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, di Kantor Sekretariat RW 06 Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Selasa (2/5). Hadir pada kegiatan ini, Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara, Camat Duren Sawit Abu Bakar, Lurah Malaka Jaya Lidiana Endah dan Lurah Pisangan Timur Siti Maryam.

"Camat dan Lurah diharapkan memonitor pembangunan rumah bedah rumah, agar uang yang digunakan dipakai dengan baik dan pembangunan juga sesuai yang diharapkan," pesan Walikota.

Walikota meminta,  dana bantuan yang diserahkan agar digunakan dengan sebaik-baiknya untuk merenovasi rumah.  “Jangan ada yang dipotong oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, jika ditemukan akan saya bawa kejalur hukum dan meminta ke gubernur untuk segera dipecat," tegasnya.

Dirinya juga berpesan, rumah yang direnovasi nantinya harus memperhatikan kesehatan.  Maksimalkan dana yang yang ada untuk menciptakan rumah yang sehat.

“Dana yang diberikan agar dapat dimaksimalkan dengan baik dan renovasi rumah agar sirkulasi udara menjadi baik, sinar matahari masuk dan rumah menjadi lebih layak huni dari sebelumnya, sehingga penghuni rumah menjadi sehat," tukasnya.

Sementara itu Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara mengatakan, dana yang dialokasikan untuk program bedah rumah di Jakarta Timur pada tahun ini mencapai Rp 3 milyar. "Target tahun ini untuk bedah rumah sebanyak Rp 3 milyar yang merupakan keinginan Walikota Jakarta Timur, semoga keinginan beliau tercapai dan kita akan maksimalkan dana untuk program bedah rumah," ujarnya.

Dwi berharap, bantuan bedah rumah yang merupakan program unggulan BAZIS Jakarta Timur ini dapat merata ke seluruh kelurahan. “Diharapkan bantuan bedah rumah dapat merata di semua wilayah di Jakarta Timur, sehingga warga Jakarta Timur lebih sehat, nyaman dan sejahtera,"pungkasnya.

Menurut Dwi, kali ini ada 14 warga di 10 kelurahan yang mendapatkan bantuan bedah rumah. Mereka dari Kelurahan Malaka Jaya sebanyak 4 warga, Kelurahan Cilangkap sebanyak 2 warga, serta masing-masing satu warga dari Kelurahan Lubang Buaya, Setu, Cipinang Besar Utara, Pisangan Timur, Makasar, Kayu Manis, Jatinegara Kaum dan Ujung Menteng. Usai menyerahkan bantuan, walikota meninjau salah satu rumah warga yang mendapatkan bantuan, yaitu Nurul Fitriah (27 tahun) di Jalan Bunga Rampai X/2 No. 37 TY 12/RW 06 Kelurahan Malaka Jaya.

Lurah Malaka Jaya Lidiana Endah menyampaikan terima kasih kepada Walikota dan BAZIS Jakarta Timur yang menyalurkan bantuan bedah rumah ke warganya.  "Kita sudah siapkan tukang yang bagus untuk merenovasi rumah.  Harapan saya semoga dengan adanya bantuan bedah rumah dapat meringankan beban warga kami dan lebih mensejahterakan kehidupannya," ujarnya. (Jonathan/Kominfotik JT)