Siswa SD Di Kecamatan Cipayung Ikuti Penyuluhan Bank Sampah

Camat Cipayung Iin Mutmainnah menghadiri penyuluhan bank sampah dan komposting yang diadakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cilangkap 01 Pagi, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung,  Kamis (4/5). Selain Camat, hadir pada penyuluhan yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB ini, Lurah Cilangkap Dwi Ispuranto, Lurah Pondok Ranggon Mahpuz MZ, Kepala SDN Cilangkap 01 Pagi Siti Dhirifngah, perwakilan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur dan unit terlait lainnya, serta 70 siswa.

Camat Cipayung Iin Mutmainnah mengatakan, kegiatan ini mempraktekan pembuatan kerajinan tangan dari sampah kertas koran dan praltek pembuatan pupuk organik.

“Para pelajar juga mendapatkan penyuluhan mengenai bank sampah berupa cara penimbangan sampah plastik dan administrasi bank sampah,” katanya.

Iin mengatakan, tujuan dari penyuluhan ini untuk membudayakan siswa hidup bersih sejak usia dini dan belajar mengelola sampah dengan baik. “Sampah yang awalnya sebagai masalah, akan bermanfaat, seperti sampah organik akan diolah menjadi pupuk dan dimanfaatkan di sekolah serta dapat juga dijual untuk umum,” kata Iin.

Dirinya pun menghimbau agar siswa dapat berkontribusi dengan  membawa sampah plastik atau organik untuk ditabung di bank sampah. “Kumpulkan ke koordinator per kelas karena dengan total jumlah siswa sekitar 1.030 orang, bukan tidak mungkin maksud dan tujuan dari kegiatan ini akan tercapai," tandas Iin.

Kepala SDN Cilangkap 01 Siti Dhirifngah menyambut antusias penyuluhan komposting dan bank sampah ini. “Penyuluhan ini untuk mengedukasi siswa agar dapat mengolah sampah secara baik dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sampah non organik dapat di jual ke bank sampah induk  yaitu Bank Sampah Cipayung Ceria yang terdapat di Kantor Satlak Lingkungan Hidup Kecamatan Cipayung," ujarnya.

Siti mengatakan, sebelumnya di depan gedung SDN Cilangkap 01 banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) liar. Namun saat ini sudah dibuat taman yang bersinergi dengan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cilangkap, Sudin Lingkungan Hidup dan Sudin Kehutanan Jakarta Timur. (Jonathan/Kominfotik JT)