Walikota Serahkan Bantuan Bedah Rumah Senilai Rp 360 Juta

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana didampingi Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara, menyerahkan bantuan bedah rumah dari BAZIS Jakarta Timur untuk 12 warga kurang mampu dari 11 Kelurahan, di Ruang Rapat Khusus Walikota, Lantai 2 Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (12/5). Tiap warga mendapatkan bantuan bedah rumah sebesar Rp 30 juta dengan total keseluruhan bantuan mencapai Rp 360 juta.

Warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah berasal dari di 11 Kelurahan di Jakarta Timur yaitu Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kelurahan Rawa Bunga, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kelurahan Cililitan, Kelurahan Pondok Kelapa,Kelurahan Pisangan Baru, Kelurahan Cilangkap, Kelurahan Baru, Kelurahan Cawang, Kelurahan Ujung Menteng dan Kelurahan Balimester.

"Bantuan bedah rumah dari BAZIS Jakarta Timur ini merupakan yang kelima kali disalurkan pada tahun ini, dengan total 167 rumah yang mendapatkan bantuan bedah rumah. Target kami tahun ini 200 rumah di seluruh Jakarta Timur, jadi akan kami maksimalkan pada tahun ini," kata Walikota.

Walikota menjelaskan, dirinya tidak mau ada rumah yang tidak layak huni, apalagi di Ibukota Jakarta seharusnya tidak ada lagi rumah yang tidak layak.

“Untuk itu kami bersama BAZIS Jakarta Timur membantu meringankan beban kepada warga yang mempunyai rumah yang tidak layak untuk kami berikan sedikit dana membantu renovasi rumahnya," jelas Bambang.

Dirinya berharap, program  bedah rumah yang dilakukan memperhatikan sanitasi, cahaya matahari harus masuk ke dalam rumah dan sirkulasi udara harus baik. “Jika ini dilakukan kita bisa menekan jumlah warga yang mengidap penyakit TBC," pungkasnya.

Sementara itu Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara mengatakan, total dana hingga saat  yang digelontorkan untuk bantuan bedah rumah mencapai Rp 84 Milliar dengan jumlah rumah yang direnovasi atau bedah rumah sebanyak 167 rumah.

“Ini semua merupakan dana dari ZIS yang dikumpulkan masyarakat dan karyawan Pemkot Jakarta Timur oleh BAZIS Jakarta Timur," katanya.

Dwi Busara mengatakan, tidak menutup pintu bagi warga yang ingin menyalurkan rezekinya untuk program bedah rumah ini. “Saya senang ketika mendengarkan pak Mursyid warga Kelurahan Pondok Kelapa,sudah aman jika hujan turun tidak lagi bocor dan lantainya sudah tidak tanah lagi," tukasnya.

Murysid, warga RT 004/RW 007 Kelurahan Pondok Kelapa mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Jakarta Timur dan BAZIS Jakarta Timur yang telah membantu merenovasi rumahnya. “Rumah kami yang dulunya bocor saat hujan sekarang tidak kami rasakan lagi, lantai juga sudah tidak tanah lagi, sirkulasi udara bagus, dan sekarang kami nyaman berada di rumah," pungkasnya. (Jonathan/Kominfotik JT)