Sekko Pimpin Aksi Kebersihan Di RW 04 Kelurahan Dukuh

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Timur Rusdiyanto memimpin monitoring Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP)Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di RW 04 Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramatjati, Minggu (12/11). Kegiatan yang rutin diadakan setiap Minggu pagi ini diawali dengan apel di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dukuh 05 Pagi yang diikuti dari para petugas PPSU Kelurahan, Satgas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Satgas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur, Satgas Damkar Jakarta Timur, Satgas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Satpol PP, kader Jumantik, kader PKK, TNI/Polri dan warga setempat.

Hadir mendampingi Sekko, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Jakarta Timur Dewi Purnamasari, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab, Camat Kramatjati Eka Darmawan, Sekretaris Camat (Sekcam) Kramatjati Anthon Widodo, para Lurah se-Kecamatan Kramat Jati, Ketua RW 04 Kelurahan Dukuh Tri Wulantoro dan unit terkait.

AKMP kali ini difokuskan pada pembersihan sedimen dan sampah pada saluran mikro yang terdapat di sisi Jalan Penggilingan Baru RT 003, RT 005 dan RT 007/RW 04 Kelurahan Dukuh. Seusai AKMP, Sekko melakukan dialog interaktif dengan warga setempat yang dimoderatori oleh Camat KramatJati Eka Darmawan tentang permasalahan di masyarakat, perbaikan infrastruktur dam pelayanan sosial di wilayah RW 04 Kelurahan Dukuh.

 "Aksi Kebersihan Minggu Pagi hari ini menjadi suatu kegiatan yang baik dan terlihat sudah terpola, mudah-mudahan siapapun pengurus RW/RT nya kebiasaan baik ini bisa terus ditingkatkan,” kata Rusdiyanto.

Sekko pada kesempatan ini  memberikan apresiasi yang tinggi, khususnya pada masyarakat RW 04 Kelurahan Dukuh yang sangat antusias mengikuti AKMP. “Tanpa harus dipaksa, budaya bersih-bersih dan gotong royong itu masih kelihatan di sini. Mudahan-mudahan semua wilayah di Kecamatan Kramatjati  sama,” katanya.

Rusdiyanto juga mendorong percepatan pembangunan dengan rencana pembuatan embung dengan di wilayah tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan genangan air yang kerap kali timbul pada saat musim penghujan.

Camat Kramatjati Eka Darmawan mengatakan, saat dialog dengan Sekko, ada beberapa pertanyaan warga terkait KJP Plus, saluran air, e-KTP, sarana olah raga dan jam wajib belajar untuk anak-anak sekolah.  Pemrasalahan yang ada akan ditindaklanjuti untuk di bahas oleh SKPD/UKPD terkait.

“RW 04 Kelurahan Dukuh ini sudah ada swadaya masyarakat serta aksi gotong royong yang dalam menata wilayah sangat bagus dan apresiasinya cukup tinggi. Diharapkan kondisi yang seperti ini dipertahankan seperti kekeluargan dan silaturahmi warga untuk membina sekaligus menata lingkungan kita supaya lebih bersih serta sehat," katanya.

Camat mengatakan, dikarenakan wilayah Kelurahan Dukuh dilintasi oleh Kali Cipinang dan kerap terjadi luapan akibat dari intensitas hujan tinggi,  Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas SDA sedang berupaya membuat embung yang berlokasi di eks Panti Sosial RT 13/RW 03 Kelurahan Dukuh. “Ini sangat berguna sekali untuk menekan atau mengurangi luapan air," ungkap Eka.

Ketua RW 04 Kelurahan Dukuh Tri Wulantoro menyampikan terima kasih dengan kedatangan Sekko dan para pejabat Pemkot Jakarta Timur di wilayahnya. “Ini merupakan suatu cerminan untuk meningkatkan motivasi dan semangat kami dalam berbakti dan mengabdi kepada masyarakat," tandasnya.