Warga Sekitar TPU Prumpung Dapatkan Edukasi Penyakit TB

Asisten Kesmas Jakarta Timur Ibnu Hajar, mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mulai dari rumah masing-masing. Hal ini menurutnya, untuk menghindari dari serangan berbagai penyakit, salah satunya  tuberculosis (TB).

“PHBS jauh lebih baik daripada obat-obatan,” kata Ibnu, saat kampanye Gerakan Nasional Ketuk Pintu dalam rangka Hari TB sedunia, di kawasan TPU Prumpung, RW 04 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Selasa (24/3).

Penyakit TB menurut Ibnu, merupakan salah satu penyakit yang cukup sulit disembuhkan. Walaupun sudah ada obatnya, namun proses penyembuhannya memakan waktu minimal 6 bulan.

“TB ini sangat berbahaya, butuh enam bulan pengobatannya,” kata Ibnu.

Untuk itu dirinya mengajak warga Jakarta Timur untuk bersama-sama memerangi penyakit TB dengan menerapkan PHBS. Bila hal ini sudah diterapkan di setiap rumah tangga, berbagai penyakit dapat ditangkal, tidak terkecuali TB.

“Yang penting PHBS, itu kuncinya. Kalau kena TB, PHBS harus benar-benar dijaga. Cukup satu minggu bisa sembuh,” ujarnya.

Dalam rangka Hari TB Sedunia, Community TB Care Aisyiyah mengadakan kampanye Gerakan Nasional Ketuk Pintu di perkampungan warga sekitar TPU Prumpung, RW 04 Kelurahan Cipinang Besar Utara. Pada kegiatan tersebut juga digelar pengobatan gratis di pos keamanan yang ada di TPU Prumpung. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)