Abrasi Akibat Banjir Jalan Kesatriaan X Kebon Manggis Retak Sepanjang Seratus Meter

Satu ruas jalan di Kampung Berland, Jalan Kesatrian X, RT.012/RW.003 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman mengalami retak hingga sepanjang 100 meter, Akibatnya jalan ambles dan miring kearah Sungai Ciliwung yang berada di sebelah jalan tersebut. 

Lurah Kebon Manggis Mesrarianita menjelaskan, retaknya jalan tersebut diduga karena terkikisnya pondasi jalan akibat pengerukan sampah Kali Ciliwung ditambah dengan banjir yang sempat merendam kawasan ini hingga ketinggian dua meter, senin, (5/2) lalu.

“ Kejadian ini terjadi pada hari minggu, retaknya jalan terjadi usai banjir kemarin. kita sudah lakukan pengaspalan namun kini kembali rusak, bahkan lebih membesar, dengan itu kami sudah melakukan himbauan bagi warga agar lebih waspada jika melintasi sepanjang jalan ini ” himbauya.

Dijelaskan  Mesrarianita, melihat kondisi itu akses jalan yang menghubungkan dua wilayah Kampung Berland dengan Manggarai terpaksa ditutup guna mengantispasi musibah  bencana longsor yang menelan korban jiwa, “ Kita juga sudah melakukan penutupan jalan pemukiman warga, selain itu petugas kita kerahkan untuk berjaga ” paparnya.

Menurutnya, penutupan jalan di lakukan agar para warga tak menggunakan akses jalan ini sementara waktu hingga menunggu perbaikan yang di lakukan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur ” Saya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti Sudin Sumber Daya Air dan BBWSCC agar dilakukan perbaikan, sementara ini yang akan dikerjakan menyiapkan pemberonjongan ”. 

Sementara itu Erry Ketua RT. 012 Kelurahan Kebon Manggis mengungkapkan, berharap akan perbaikan dilakukan secepatnya mengingat keresahan warga dikarenakan retaknya jalan tersebut makin membesar yang dikhawatirkan terjadinya longsor hingga menelan korban.

“ Kami sangat harapkan perbaikan dari pemerintah dengan adanya penurapan kali Ciliwung ini jadi perbaikan yang sudah ada segera dilanjutkan keseluruhan agar jalan inspeksi ini kembali kokoh dan memberikan rasa aman bagi seluruh warga ” harapnyanya.