Akan Diresmikan 6 Mei, Walikota Jaktim Sidak Ke Terminal Bus Pulogebang

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulogebang, Kecamatan Cakung, Senin (4/5). Sidak ini untuk memastikan kesiapan terminal bus yang rencananya akan diresmikan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok), Rabu (6/5).

Walikota mengatakan, terminal bus Pulogebang sudah siap dioperasikan secara penuh. Terminal bus yang digadang-gadang terbesar di Asia Tenggara ini, sebelumnya sudah diuji coba selama 3 bulan.

“Teman-teman Dishub sudah membuat kajian dan uji coba selama 3 bulan, jadi sudah memenuhi syarat untuk diresmikan,” kata Walikota.

Dirinya mengakui, hingga saat ini akses keluar dan masuk ke tol JORR dari terminal Pulogebang belum rampung. Namun Walikota mengaku optimis, hal ini tidak akan mengganggu beroperasinya terminal.

“Kajian dari Dishub tidak ada masalah. Jalur lintasan juga sudah dipasangi rambu lalu lintas, tinggal pengaturan di lapangan baik dari Polantas maupun Dishub,” kata Walikota.

Sementara itu Kepala UPT Terminal Terpadu Pulogebang, A Raund Sitanggang mengatakan, saat ini sudah ada 31  PO bus yang membuka loket penjualan tiket di terminal Pulogebang. Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat ada lebih dari 150 PO bus yang beroperasi di Jakarta saat ini.

“Ada 150 lebih PO bus akan diundang saat peresmian nanti. Di situ para pengusaha angkutan akan melihat fasilitas yang ada di terminal bus Pulogebang,” ujarnya.

Raund menambahkan, jumlah armada bus yang keluar masuk terminal setiap harinya juga akan meningkat. Bila saat ini baru 100 armada bus per hari, diharapkan setelah diresmikan Gubernur, sedikitnya 500 armada bus perhari yang masuk terminal. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)