135 Warga Terjaring Operasi Biduk Di Apartemen Gading Icon

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur menggelar operasi bina kependudukan (Biduk) di Apartemen Gading Icon, Kelurahan Pulogadung. Dalam kegiatan tersebut sebanyak 135 warga mendapat pelayanan administrasi Dukcapil.

“Berdasarkan laporan dari warga yang mengatakan di apartemen Gading Icon banyak terdapat Warga Negara Asing (WNA), untuk itu kami melakukan operasi biduk pada hari ini,” ungkap Kasudin Dukcapil Jakarta Timur, Sukma Wijaya, Kamis (9/8).

Menurut Sukma Wijaya kegiatan ini juga merupakan pemerataan dalam pelayanan, agar tak terjadi kecemburuan di tengah masyarakat, "Hasil layanan jemput bola Binduk ini ada sebanyak 135 orang terjaring operasi biduk, dengan rincian 122 warga pendatang dibuatkan Surat Keterangan Domisili, sementara sisanya 13 WNA ditangani Imigrasi," jelas Sukma Wijaya,

Terkait persoalan WNA, Sukma mengatakan pihaknya telah  memeriksa semua dokumen keimigrasian para WNA, dan hasilnya  dokumentasi mereka lengkap, “Apartemen ini termasuk tertib dalam hal persyaratan administrasi penghuninya,” jelas Sukma. 

Sementara, Kabid Pengawasan Dinas Dukcapil DKI, Yadi Usmayadi mengatakan, operasi biduk ini bagian dari layanan jemput bola dan sosialisasi bagi warga Ibukota, "Kita berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik bagi WNI maupun WNA agar penduduk memiliki kelengkapan administrasi kependudukannya," tandasnya.