Wagub DKI: Kantor Kelurahan Jatinegara Sudah Tidak Memadai

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, melakukan kunjungan kerja ke kantor Kelurahan Jatinegara, kecamatan Cakung, Rabu (6/5). Djarot mengatakan, kunjuangan dirinya ini untuk memastikan pelayanan publik telah berjalan dengan baik di kelurahan tersebut.

“Tadi saya tanya kepada warga apakah pelayanan di Kantor Kelurahan Jatinegara dilayani dengan ramah atau tidak, mereka menjawab pelayanan disini ramah dan itu bagus. Namun kondisi kantor Lurah Jatinegara ini sudah tidak memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Djarot yang didampingi Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana.

Menurutnya, Kantor Lurah Jatinegara merupakan bangunan tua yang sejak berdiri tahun 1963 belum pernah direhab.  Bangunan tersebut awalnya merupakan Kantor Kecamatan Pulogadung, seiring pertamabahn penduduk dan pemekaran wilayah, berubah fungsi menjadi Kantor kelurahan Jatinegara.

“Jika kantor lurah dibangun yang baru, maka pelayanan di tahun 2016 harus tetap berjalan. Nanti jika sudah jadi, kantor lurah yang lama dialihfungsikan, bisa jadi lahan terbuka hijau atau taman kota,” ujarnya.
 
Djarot mengatakan, dahulu memang kantor Lurah Jatinegara ini masih layak digunakan untuk pelayanan publik, tetapi seiring pesatnya perkembangan zaman dan pertumbuhan penduduk, kantor tersebut sudah tidak layak lagi dan harus dibangun yang baru dilahan yang lebih luas.
 
“Jika sudah ada kantor lurah yang baru, warga tidak perlu berdesakan karena seperti kita lihat tempat pelayanan publik sempit sekali sedangkan warga yang datang banyak,” papar Djarot.
 
Sementara itu, Lurah Jatinegara, Ali Wahyudi, mengatakan, Kantor Lurah Jatinegara ini harus pindah ditempat yang lebih luas dan lebih dekat dengan warga. Menurutnya di Jl. Radjiman ada tanah seluas 6,3 hektar milik Dinas Olahraga dan Pemuda yang posisi lahannya ada ditengah pemukiman warga.
 
“Saya mengusulkan jika dibangun  di daerah Rajiman milik Dinas Olahraga. Disana ada sebanyak 18 RW, jadi lebih dekat dengan pemukiman penduduk, dibandingkan dengan kantor Kelurahan Jatinegara yang saat ini ditempati hanya dekat dengan 3 RW saja dan posisinya dipinggir jalan raya,” papar Ali. (Idham/Kominfomas JT)