Walikota Jaktim Ajak Warga Rawa Kuning Jaga Kebersihan Lingkungan

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana bersama masyarakat melakukan aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Jl. Rawa Kuning, Gg. Mekar RT. 02/RW 16 Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jumat (15/5).  Lewat aksi ini Walikota ingin mengajak masyarakat peduli terhadap kesehatan dengan membersihkan sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarag dengue (DBD), mulai dari tempat tinggal masing-masing.

“PSN merupakan cara paling efektif untuk mencegah berjangkitnya penyakit demam berdarah,” kata Walikota pada kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut.

Walikota pada kesempatan ini juga mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, sarana sanitasi warga seperti tempat mani cuci kakus (MCK) di kawasan padat penduduk tersebut juga harus dijaga kebersihannya.

Pasalnya, di wilayah tersebut ada MCK yang sudah tidak layak. MCK yang berada di pinggir Kali Mati, RW 16 Kelurahan Pulogebang, diminta untuk dibongkar.

"Saya minta warga segera mencari lokasi untuk dibangun MCK tersendiri dan ada septic tank-nya, sehingga bisa diolah menjadi gas bio yang nantinya bisa digunakan oleh warga sekitar,” ujar Bambang.

Keberadaan MCK dan tumbuhan eceng gondok yang memenuhi kali tersebut, menurut Bambang, bisa menganggu kesehatan warga, terutama di saat musim penghujan. "Kali tersebut harus segera dikeruk karena dipenuhi eceng gondok. Harus dikembalikan ke fungsinya sebagai tempat pengairan, jangan ada lagi MCK di atas kali," tegas Bambang. (Idham/Kominfomas JT)