Sambut Bulan Ramadhan, Wali Kota Membuka Bazar UKM Kota Jakarta Timur

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar membuka Bazar UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di Halaman Kantor Walikota, Kamis (25/4/2019). Bazar UKM Kota Jakarta Timur digelar mulai 25-26 April 2019 dalam rangka menyambut  datangnya Bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019 M.

Kehadiran Wali Kota didampingi oleh Ketua Dekranasda Kota Jakarta Timur Diah Anwar, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur Syofian Thahir, dan Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUMKMP) Kota Jakarta Timur Igan M. Faizal.

Terpantau ada 25 stan bazar dari 80 orang pegiat hasil binaan Pengenbangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) Kota Jakarta Timur yang telah melalui implementasi tujuh langkah PAS (Pasti Akan Sukses). Mereka, melalui Bazar UKM  ini lakukan berbagai pemasaran diantaranya fashion, handcraft (kerajinan tangan), aksesoris, tas, sepatu dan bahan pokok.

Wali Kota mengatakan bahwa sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu yaitu proses pembinaan dan pelatihan calon wirausaha baru dan naik kelas adalah melalui tujuh langkah PAS. Untuk itu, bagi peserta PKT dimana salah satu langkah itu yaitu pemasaran yang saat ini dilakukan Bazar UKM Kota Jaktim.

“Ini kita mengecek hasil semua yang dihasilkan oleh para peserta PKT Kota Jakarta Timur. Di sini mereka memasarkan hasil produk yang telah dikerjakan. Dengan itu tentunya diharapkan agar bazar ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Anwar.

Ia menegaskan agar seluruh peserta PKT di Kota Jakarta Timur untuk terus meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produknya. Sehingga dapat bersaing dan mandiri baik dari segi harga maupun kualitas produknya.

“Jika itu sudah mampu, saya yakin PKT akan memberikan ruang alternatif baru, barang-barang kebutuhan yang akan dikonsumsi masyarakat,” tambahnya.

Namun demikian Wali Kota juga mengimbau agar Suku Dinas KUMKMP Jakarta Timur untuk terus lakukan monitoring dan evaluasi sehingga keberadaan PKT di Kota Jakarta Timur dapat tumbuh luas dimulai dari wirausaha pemula, sampai wirausaha naik kelas.

“Terus saya akan lakukan berbagai inovasi. Saya juga meminta kepada Sudis KUKMP untuk terus memonitoring perkembangannya,” tandasnya.