Wali Kota Resmikan Sekolah Berbasis Vokasi Industri Dan Wirausaha SMK Iptek Jakarta

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar meresmikan vokasi (program pendidikan keahlian) Industri dan Wirausaha Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Iptek Jakarta di Lapangan Serbaguna Sekolah Iptek, Jalan Raya Pulogebang, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Selasa (30/4/2019).

Kehadiran Wali Kota didampingi oleh Sekretaris Camat Cakung Chandra, Lurah Pulogebang Mahfuz MZ dan Kepala Seksi Komunikasi Informasi Publik (KIP) dari Suku Dinas Kominfotik (Komunikasi Informasi dan Statistik) Jakarta Timur Leonardo, serta Kepala Sekolah SMK Iptek Jakarta Fikri Izalullah Hairunnida.

Adapun vokasi yang diresmikan yaitu Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Program Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU), Kelas Industri Samsung dan Kelas Industri Wirausaha. 

Peluncuran vokasi industri dan wirausaha SMK Iptek merupakan komitmen dan upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Langkah tersebut dilakukan berdasarakan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, dengan  untuk menyiapkan tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan dunia usaha saat ini.

“Saya sangat mengapresiasi ya. ini terobosan bagus, yang harus ditiru kepada SMK lainya di Jakarta. Khususnya di Jakarta Timur. tentunya diharapkan melalui SMK berbasis vokasi industri dan wirausaha dapat mengurangi anka pengangguran dan kemiskinan,” kata Anwar.

Ia menyebutkan, daya saing sebuah kota hingga negara ditentukan dengan kemajuan industrinya. Oleh sebab itu, kemajuan industri akan berimbas pada ketersediaan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat. Menurutnya, faktor yang mendorong industri dapat maju, yakni teknologi, modal, dan kemampuan. Ketiga faktor itu harus saling melengkapi

“Khusus faktor skill (kemampuan) sekolah kejuruan diharapkan menyiapkan tenaga yang handal untuk mengisi kebutuhan dunia industri saat ini,” pungkasnya.