Jemput Bola, Wali Kota Antar Langsung Warga Pengidap TB Tulang Ke Rumah Sakit

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar melakukan kegiatan Jumat Keliling (Jumling) di Jalan Perintis Kemerdekaan Gang Voksel RT 008/RW 02 Kelurahan Pulogadung, Jumat (3/5/2019). Aksi Jumling kali ini dilakukan dengan mengecek kesehatan warga.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin silaturahmi bersama warga, sehingga dapat mengetahui berbagai faktor permasalahan, penyakit hingga kerawanan sosial dapat dicegah.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota melakukan peninjauan terhadap warga bernama Fera Rahmawti yang tengah mengidap penyakit TBC atau tuberkulosis (TB) tulang belakang. Tak hanya itu, dengan menggunakan Mobil Kendaraan Antar Jemput Pelayanan TBC Imut dan Lincah atau disebut mobil Kancil, Wali Kota mengantar langsung Fera ke RS Pusat Persahabatan untuk pemeriksaan kesehatan.

Alhamdulillah hari ini pertama saya meninjau warga yang terkena TB Tulang. Kedua, kita lakukan sesuai kebijakan pak Gubernur yang mengatakan peningkatan pelayanan masyarakat bidang kesehatan dengan menggunakan kendaraan kancil,” terang Wali Kota.

“Saya menjenguk dan saya mengantarkan secara langsung ke rumah sakit untuk fisioterapi,” lanjutnya.

Usai menjalani pemeriksaan kesehatan, Fera teharu dan tampak menitihkan air mata di hadapan Wali Kota. Menyaksikan tangis haru Fera, Wali Kota berharap setiap proses penyembuhan yang dilakukan bisa menjadi semangat Fera untuk sembuh.

“Dia terharu menangis, namanya Fera, dia bilang `pak Fera mimpi apa ya semalam pak? sampai dijemput wali kota dan diantar ke rumah sakit.` Saya bilang `Enggak apa-apa, ini namanya berkah, Jumat barokah`,” jelas Wali Kota.

Berangkat dari kisah Fera, Wali Kota berharap Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur bisa melakukan sosialisasi dan pencegahan dini terhadap penyakit TB Tulang. Ia meminta agar warga yang telah merasakan gejala dini segera melakukan pemeriksaan.

Sementara itu, Nana Mulyana, ibu dari Fera, mengucap syukur atas kepedulian Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur yang mengantarkan proses penyembuhan putrinya. Ia pun ikut tak kuasa menahan tangis haru.

“Ini hari Jumat, anak saya diantar walikota, pak lurah, pak camat, sama puskesmas. berkat Allah SWT, dikasih kesehatan, sebagai seorang ibu. Saya bersyukur dan hanya membalas doa doa dari orang-orang yang membantu, untuk anak saya,” kata Nana.

Kepala Instalasi Rehabilitasi dan Medik RS Persahabatan dr. Anita mengaku sejak awal menangani Fera yang mengidap penyakit TB Tulang. Ia pun memberikan semangat kepada pasien Fera lantaran dinilai masih muda dan mimpi yang panjang.

“Walaupun sakit kita masih bisa melakukan sesuatu, apalagi dia masih mda dan masih panjang jalannya. Kita membantu cita-citanya, pasien dan keluarga punya motivasi,” kata dr. Anita.