Musrenbang Balimester, Masyarakat Didorong Usulkan Pemberdayaan Ekonomi

Kelurahan Balimester  menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020. Hasil Musrenbang nantinya akan dimasukan ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Administrasi Jakarta Timur tahun 2021.

Dalam kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Ari Sonjaya menilai Kelurahan Balimester merupakan salah satu wilayah yang berada di jantung kota Jakarta Timur. Ia menilai wilayah tersebut sebagai kawasan unggulan dan potesial baik dari sektor sektor strategis, seperti industri, pariwisata, perdagangan.

"Saya harapkan Musrenbang di Kelurahan Balimester ini lebih memperhatikan usulan pelatihan utamanya pelatihan wirausaha kuliner sebagai upaya peningkatan SDM," katanya saat buka Musrenbang Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara di Aula Serbaguna Lantai III Kantor Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Jumat (7/2/2020).

Ditegaskan Ari agar masyarakat di Kelurahan Balimester tidak boleh jadi penonton. Pelatihan yang diusulkan itu diharapkan mampu melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengedepankan pemberdayaan  ekonomi masyarakat.

"Jadi usulan dalam Musrenbang bukan hanya sekedar pembangunan fisik, tapi juga pemberdayaan ekonomi masyarakatnya," imbuhnya.

Sekedar diketahui, bahwa Musrenbang tingkat Kelurahan Balimester terdapat 64 usulan hasil Rembuk RW diantara, 34 usulan fisik, 7 usulan non fisik dan 23 usulan barang dengan estimasi biaya anggaran ditahun 2021 sebesar Rp. 8.556.571.479,- (AJ)