Layanan Dukcapil di HBKB, Permudah Warga yang belum Punya e-KTP

Suku Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Jakarta Timur membuka pelayanan di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), di Jalan Pemuda Raya, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020).

Kepala Suku Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Timur, Nurrahman, mengatakan kegiatan yang digelar Sudin Dukcapil berupa mendistribusikan e-KTP, dan perekaman e- KTP untuk warga Jakarta Timur.

"Bagi warga yang memasuki usia 17 tahun,lalu mendistribusikan KTP Elektronik, dan untuk warga yang belum mengambil di kelurahan, bisa diambil di sini," ungkap Nurrahman.

Ia juga menjelaskan, selain melakukan pelayanan, Sudin Dukcapil juga mensosialisasikan aplikasi pelayanan berbasis online yang bernama Alpukat Betawi.

"Jadi enggak perlu antre lagi, dengan cara mendownload di google Playstore, Alpukat Betawi adalah suatu aplikasi yang dibuat untuk pelayanan online seperti permohonan percetakan, KK (Kartu Keluarga), KIA (Kartu Identitas Anak), KTP (Kartu Tanda Penduduk), Akta Kelahiran," ujar Nurrahman.

Irene Silvi, warga Kelurahan Pulogadung, RT 006/RW 010, Kecamatan Pulogadung, mengambil e-KTP miliknya yang telah didistribusikan Dukcapil Jakarta Timur di kegiatan HBKB. Ia mengungkapkan tidak ada kesulitan dalam mengambil KTP elektroniknya.

"Sekarang enak ya, dengan ada kegiatan seperti ini di hari libur, dapat memudahkan warga yang tidak bisa ambil KTP di hari kerja,"pungkas Irene. (OS)