PKK Kota Jakarta Timur Panen Sayuran, Ikan Hingga Buah di RPTRA Pulo Gebang

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar, menghadiri acara panen raya di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pulo Gebang Permai, Komplek Pulo Gebang Permai Blok H RT 003/RW 013 Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020).

Dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur didampingi Wakil Ketua IV Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur Linda Kusmanto, Lurah Pulo Gebang, Mahfudz MZ.

Diah mengatakan, bahwa panen raya ini merupakan edukasi upaya pemerintah dalam mengedukasi warganya untuk terus produktuktif ditengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. Panen sayuran jenis pakcoy dan selada tersebut dikembangkan dengan sistem aquaponik berusia sekitar sebulan.

“Sebanyak 15 kilogram kita panen hari ini, ini sangat positif di tengah pandemi COVID-19 saat ini kita masih bisa penen, dan ini patut diapresiasi,” kata Diah di lokasi.

Diatambahkan Diah, di RPTRA ini tidak hanya jenis sayuran yang berhasil dipanen, daun salam hingga ikan konsumsi hasil dari kolam gizi juga berhasil di panen. Ia pun berharap, hasil panen raya yang dihasilkan di RPTRA Pulo Gebang Permai mampu mengajak semua masyarakat untuk menggiatkan aksi tanam sayuran di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Dengan lahan yang terbatas kita masih menanam aneka sayuran. Seperti menggunakan sistem hidroponik, akuaponik. Selain menghijaukan lingkungan juga bermanfaat bagi kesehatan,” tandasnya. (AJ)