Pembangunan Fisik Dominasi Usulan di Musrenbang Kelurahan Utan Kayu Selatan

Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, di Aula Serbaguna Kantor Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kamis (11/2/2021). 

Secara daring, kegiatan ini diikuti oleh para RT/RW, LMK, PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Forum Anak Kelurahan Utan Kayu Selatan, yang dibuka langsung oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Alawi.

Musrenbang tahun ini membahas 117 usulan, yang terdiri dari 89 usulan fisik dan 7 usulan non fisik dan 21 usulan pengadaan barang dengan jumlah estimasi anggaran Rp25 miliar. Usulan itu terhimpun dari hasil Rembuk RW di Kelurahan Utan Kayu Selatan.

Wakil Camat, Kecamatan Matraman, Mujiono, mengatakan, pembangunan fisik masih mendominasi usulan warga di Musrenbang Kelurahan Kelurahan Utan Kayu Selatan tahun ini. Adapun usulan fisik yang diajukan yaitu perbaikan saluran dan jalan yang hingga kini masih menjadi permasalahan di lingkungan warga.

“Usulan ini merupakan kebutuhan bagi warga sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kita harapkan adanya realisasi kegiatan yang dihasilkan sesuai kesepakatan Musrenbang,” kata Mujiono.

Sementara itu, Lurah Utan Kayu Selatan, Heru Setiawan, mengatakan, meskipun pembangunan fisik mendominasi, pihaknya tetap mengarahkan warga untuk memperhatikan usulan dalam pengembangan dan pelatihan warga.

“Kita harapkan adanya realisasi kegiatan dari hasil Musrenbang, baik itu kebutuhan fisik maupun non fisik, sehingga visi misi Pak Gubernur dalam memajukan kotanya bahagia warganya dapat terwujud,” kata Heru. (AJ)