Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Bantu Evakuasi Ibu Melahirkan di Kebon Pala

Selain dilatih melakukan pemadaman api saat terjadi kebakaran, petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Timur juga dilatih melakukan tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran.

Seperti Minggu (28/2/2021) pagi, petugas Damkar (Pemadam Kebakaran) membantu mengevakuasi Ika Tri Wahyuningsih (39), seorang ibu yang melahirkan secara prematur di rumahnya Jalan Kamboja RT 010/RW 01 Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

"Kita dapat laporan permintaan evakuasi dari Bidan Ani, bahwa ada warga yang melahirkan anak di rumahnya saat usia kandungan 7 bulan," kata Kepala Seksi Operasional Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan dari Suku Dinas Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Timur, Gatot Sulaeman saat dihubungi.

Ia menjelaskan, pihaknya menerima laporan pada pukul 04.00 WIB, dan langsung menerjunkan 5 personel Damkar untuk membantu membawa Ika dari rumahnya ke Klinik Bidan menggunakan tandu perlengkapan evakuasi.

"Saat evakuasi dari rumah ke Klinik anggota didampingi Bidan Ani. Kita mulai evakuasi pukul 04.30 WIB, selesai pukul 05.00 WIB. Alhamdulillah proses evakuasi berjalan lancar," tambahnya.

Ditambahkan Gatot, Ika melahirkan di rumahnya sekira pukul 02.00 WIB. Ketika dilaporkan sang bayi sudah berhasil dibawa ke RSUD Budhi Asih guna mendapat penanganan medis, sementara Ika tertahan di rumah.

"Bidan kesulitan mencari kendaraan membawa ibunya dari rumah ke klinik praktik. Sementara kondisi ibunya lemah, makannya melapor ke Damkar meminta bantuan evakuasi," jelasnya.

Meski kondisi tubuhnya lemah karena baru melahirkan, setelah mendapat penanganan medis di Klinik Bidan kondisi Ika kini berangsur membaik. (MM)

Foto Dok. Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Timur