Kecamatan Makasar Gelar Vaksinasi Covid-19 Dinamis untuk Lansia

Puskesmas Kecamatan Makasar menggelar vaksinasi Covid-19 dinamis untuk kelompok lanjut usia (lansia) dosis pertama, di Aula Kantor Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021).

Kamal selaku Camat Makasar menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dinamis tersebut diperuntukkan warga lansia dari Kelurahan Pinang Ranti, Kelurahan Kebon Pala, Kelurahan Halim Perdanakusuma, dan Kelurahan Makasar.

Kemudian di lain tempat yakni Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pilar Jati, Kelurahan Cipinang Melayu, diperuntukan warga lansia Kelurahan Cipinang Melayu. Hal ini dilaksanakan agar para peserta dapat menjangkau lokasi vaksinasi Covid-19 dinamis.

“Di Kantor Kecamatan untuk 4 Kelurahan dan di RPTRA Pilar Jati, khusus warga Cipinang Melayu. Kita bagi dua ini dikarenakan jarak tempat dari lansia itu sendiri, agar tidak terlalu jauh,” tutur Kamal.

Kamal menyampaikan, telah bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bus Sekola Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta untuk menjemput para warga lansia ke lokasi vaksinasi Covid-19, yang tersedia di Kantor Lurah Cipinang Melayu dan Kantor Lurah Pinang Ranti.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi DKI Jakarta, untuk warga lasia terdata 12.000 di Kecamatan Makasar, dan sampai saat ini 21,63 persen lansia yang sudah tervaksin Covid-19 dinamis.

Kamal melanjutkan, pada hari ini untuk menargetkan vaksin untuk 1.000 lansia dari 4 Kelurahan dan di RPTRA Pilar Jati ditargetkan 500 lansia dari Kelurahan Cipinang Melayu, dengan pelaksanaan hingga 31 Maret 2021.

“Sampai saat ini sudah 21,63 persen, sekitar 2.700 lansia yang sudah dilaksanakan vaksinasi,” tambahnya.

Kamal berharap para lansia di Kecamatan Makasar dapat mengikuti program vaksinasi Covid-19 dinamis dan pihaknya akan mempermudah segala prosesnya untuk kelompok lansia tersebut, agar para warga lansia Kecamatan Makasar dapat tervaksin Covid-19.

Kemudian, Abdul Rachman (60) warga RT 002/RW 05 Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makarsar, salah satu peserta lansia yang mengikuti vaksinasi Covid-19 dinamis, mengaku tidak merasakan keluhan apa-apa setelah divaksin. Ia berharap dirinya tetap sehat dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Rasanya biasa-biasa saja,” ungkap Abdul, setelah tahap observasi (30 menit setelah dilakukan vaksinasi Covid-19). (AD)