Kecamatan Matraman Gelar Evaluasi dan Cek Kesiapan Penanganan Kebakaran

Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2021, Kecamatan Matraman melakukan evaluasi dengan berbagai persiapan dan pengecekan perlengkapan dalam menanggulangi bencana dan kebakaran yang kerap terjadi di permukiman padat penduduk.

Kegiatan tersebut dilakukan di Jalan Pisangan Baru Selatan RT 004/RW 09 Kelurahan Pisangan Baru dan ketersediaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  Puskesmas Kecamatan Matraman, Senin (26/4/2021).

Camat Matraman, Andriansyah, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah memberikan pelatihan pemadaman secara dini dan memastikan tersedianya sarana dan prasarana pemadam di lingkungan rawan kebakaran.

Dalam kegiatan ini turut menggandeng, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmart) Kota Jakarta Timur, sesuai Instruksi  Gubernur DKI Jakarta Nomor 65 Tahun 2019 Tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran.

"Hari ini kita evaluasi penanggulangan bencana, khususnya di wilayah Kecamatan Matraman pada ancaman banjir dan kebakaran. Tadi kita tinjau bersama rumah pompa hydrant mandiri dan berfungsi baik," katanya.

Ia menambahkan, bahwa HKB 2021 ini mengusung tema `Siap Untuk Selamat` sejalan dengan semangat kolaborasi kepada setiap individu, keluarga, komunitas, masyarakat dan institusi untuk berlatih bersama menghadapi ancaman bahaya. Secara khusus, Pemprov DKI terus menggaungkan tiga kunci yaitu Sigap Tanggap dan Galang secara bahu membahu ketika menghadapi berbagai bencana.

"Dengan ini, kita harapkan adanya kolaborasi dari tiap elemen instansi Pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan sejak dini dimulai keluarga dalam menghadapi berbagai ancaman bencana," pungkasnya. (AJ)